Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Rp8,5 Triliun Masuk ke Tangerang per Semester I/2022

Investasi saat ini masih didominasi oleh penanaman modal asing (PMA) yang mencapai Rp1,8 triliun.
Ilustrasi investasi.
Ilustrasi investasi.

Bisnis.com, TANGERANG - Pencapaian nilai realisasi investasi Kabupaten Tangerang, Banten pada semester I di tahun 2022 telah menembus angka sebesar Rp8,5 triliun, capaian itu alami peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2021 yang mencapai Rp6 triliun.

"Sektor yang paling banyak mendapatkan aliran penanaman modal ada di sektor Perumahan, Kawasan Industri dan Perkantoran," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja di Tangerang, Rabu (5/10/2022).

Ia menerangkan, naiknya nilai investasi tersebut dikarenakan Kabupaten Tangerang masih menjadi zona wilayah strategis dalam pengembangan sektor industri. Dimana, ada beberapa kecamatan jadi destinasi investasi seperti di kecamatan Tigaraksa, Cikupa, Balaraja, Pasarkemis, Kosambi dan Pakuhaji.

"Kita memiliki bonus geografi dan demografi. Yang dimaksud bonus itu Kabupaten Tangerang dekat dengan Pusat Ibu Kota sebagai Pusat Perekonomian Negara dan dekat dengan Bandara Internasional serta Pelabuhan Laut dan Peti Kemas," katanya.

Ia mengatakan, untuk sektor investasi sendiri saat ini masih didominasi oleh penanaman modal asing (PMA) yang mencapai Rp1,8 triliun, kemudian, disusul oleh penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebanyak Rp1,2 triliun dengan total keseluruhan nilai investasi mencapai Rp3,0 triliun.

"Kalau dilihat berdasarkan jumlah proyek yang paling banyak ada di sektor Perdagangan dan Reparasi dengan jumlah proyek sebanyak 785," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, untuk peluang investasi di Kabupaten Tangerang saat ini masih sangat terbuka luas bagi para investor. Mengingat, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang telah menerapkan layanan perizinan berusaha secara elektronik, baik melalui Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA), maupun melalui layanan perizinan elektronik milik daerah yaitu SIPINTER.

"Berdasarkan data OSS, per tanggal 3 Juli 2022 jumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Tangerang ada sebanyak 14.419. Dengan adanya berbagai transparansi dan keterbukaan dalam memperoleh izin berusaha, pelaku usaha dan calon investor diharapkan segera mampu merealisasikan rencana investasi di Kabupaten Tangerang," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler