Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Tangerang Kembangkan Tanaman Porang

Kepala Dispertan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan mengatakan dalam pengembangan budi daya porang, dilakukan penanaman perdana oleh pihaknya di wilayah Graha Pembibitan Porang di kampung Margasari, Desa Kedung Dalam, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Banten mengembangkan budi daya tanaman porang guna membangun entrepreneurship dan meningkatkan ekonomi para petani di daerah itu.

Kepala Dispertan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan mengatakan dalam pengembangan budi daya porang tersebut, dilakukan penanaman perdana oleh pihaknya di wilayah Graha Pembibitan Porang di kampung Margasari, Desa Kedung Dalam, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

"Pada Minggu (21/11) kemarin, Dinas pertanian mendapat kesempatan dan launching taman perdana budidaya tanaman porang dari mitra kami yaitu Rescue Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam rangka entrepreneurship untuk para petani di kabupaten Tangerang," katanya, Senin (22/11/2021).

Menurutnya, dalam pengembangan tanaman porang di Kabupaten Tangerang akan memiliki prospek cukup baik dan menjanjikan bagi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Karena, lanjut dia, tanaman porang ini adalah jenis famili umbian yang memiliki harga jual tinggi di pasaran. Tumbuhan ini belum marak ditanam di Indonesia, tetapi sudah mulai dibudidayakan di sejumlah wilayah seperti Madiun, dan Surabaya.

"Untuk itu kami akan mencoba tanam di Banten khususnya di daerah Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya pengembangan budi daya tanaman porang bisa menjadi wadah untuk membangun entrepreneurship dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat atau khususnya bagi para petani wilayah Kabupaten Tangerang.

Selain itu, ia juga menyampaikan, hadirnya ACT untuk memberikan pelatihan dan pemahaman tentang porang ini sangat diperlukan untuk membimbing petani, bagaimana cara pembibitan, hingga penanaman dan perlakuan khusus terhadap tanaman tersebut.

"Penjelasan ini disampaikan kepada para petani Poktan yang ada di Kabupaten Tangerang," kata Azis.

Sementara itu, Komandan Rescue Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kusmayadi mengatakan salah satu program entrepreneurship dari relawan rescue adalah program budi daya tanaman porang.

"Kami dalam hal ini dari tim ACT bekerjasama dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Tangerang untuk pengembangan budidaya tanaman porang. Targetnya bisa meningkatkan taraf hidup para petani yang ada di kabupaten Tangerang," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler