Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Serang Siapkan 33 Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi Lansia

Pemkot Serang menyiapkan sedikitnya 33 fasilitas kesehatan untuk melakukan proses vaksinasi bagi lansia di ibu kota Provinsi Banten itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Februari 2021  |  17:01 WIB
Ilustrasi perawat memeriksa suhu seorang lelaki sebagai langkah awal untuk mendeteksi serangan virus corona Covid-19. - Bloomberg
Ilustrasi perawat memeriksa suhu seorang lelaki sebagai langkah awal untuk mendeteksi serangan virus corona Covid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, SERANG – Pemerintah Kota Serang, Provinsi Banten, menyiapkan 33 fasilitas kesehatan untuk termin pertama penyuntikan vaksinasi Covid-19 pada warga lanjut usia (lansia) yang dijadwalkan berlangsung pekan ini.

"Ya, kita sudah siapkan fasilitas dan vaksinatornya. Ada 33 faskes yang sudah kita siapkan termasuk juga logistik vaksinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang Muhammad Ikbal.

Menurut dia, 33 faskes itu terdiri atas 9 klinik, 16 puskesmas (pusat kesehatan masyarakat), dan 8 rumah sakit umum daerah (RSUD). Untuk tenaga vaksinatornya pihaknya sudah menyiapkan di masing-masing lokasi faskes yang sudah ditentukan.

"Kita sudah berkoordinasi juga dengan masing-masing kepala faskes untuk tenaga kesehatanya," ujarnya.

Sementara itu teknis penyuntikan vaksinasi tersebut tidak jauh berbeda pada pemberian vaksin tahap pertama yaitu dengan melakukan pengecekan kesehatan fisik terlebih dahulu, dengan tujuan untuk mengetahui apakah kondiainya memungkinkan atau tidak.

"Kalau untuk pendaftaran penerima vaksin, mereka ini [lansia] cukup hanya membawa KTP saja ke faskes-faskes terdekat. Dan kalau nanti ada yang tidak mempunyai KTP kan dilakukan verifikasi ulang," ungkapnya.

Namun, untuk pelaksanaan vaksinasi pada lansia itu direncanakan akan dilaksanakan pada awal bulan Maret 2021. Dikarenakan saat ini pihaknya masih melakukan proses penyusunan data penerima vaksin.

Dia mengatakan sesuai arahan dari Pemprov Banten bahwa penerima vaksin Covid-19 pada termin pertama tersebut akan diprioritaskan bagi lansia dari kalangan umum dan pelayan publik di Kota Serang.

"Memang prosesnya kan susah, harus melakukan pendataan ulang kembali. Kalau jumlah vaksinya kita saat ini belum mengetahui, karena sekarang masih proses pengambilan ke labkes," ujarnya.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top