Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Korban Tsunami, PMI Cilegon Tanam Hortikultura

PMI Kota Cilegon menanam hortikultura seperti cabai, tomat, bawang, dan sayuran lainnya di lokasi bencana tsunami Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandegelang, Provinsi Banten.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Maret 2019  |  22:05 WIB
Seorang anak korban luka akibat tsunami digendong petugas, di Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (23/12/2018). - Reuters
Seorang anak korban luka akibat tsunami digendong petugas, di Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (23/12/2018). - Reuters

Bisnis.com, PANDEGLANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon menanam hortikultura seperti cabai, tomat, bawang, dan sayuran lainnya di lokasi bencana tsunami Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandegelang, Provinsi Banten.

"Penanaman ini juga melibatkan warga khususnya korban bencana tsunami di Kecamatan Sumur agar lahan kosong bekas terdampak bencana itu bisa dimanfaatkan untuk menanam holtikultura," kata Kepala Markas PMI Kota Cilegon Nuwarta Wiguna pada Kamis (14/3/2019).

Menurutnya, lahan yang digunakan pun di sekitar hunian sementara (huntara) korban tsunami. Jika perkebunan ini berhasil maka hasilnya akan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat, namun untuk sementara targetnya hasil dari bercocok tanam tersebut minimalnya bisa digunakan korban bencana untuk kebutuhan sehari-harinya.

Untuk sarana dan prasarananya mulai dari benih, pupuk dan platik polybag sudah disiapkan oleh PMI yang juga bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrochemical. Dengan demikian, masyarakat yang ingin ikut menanam tinggal meminta ke PMI.

"Kami sudah menyiapkan media tanam yang nantinya didistribusikan ke tiga huntara di Kecamatan Sumur. Kegiatan ini bagian dari program gerakan menanam holtikultura di huntara," tambahnya.

Nuwarta mengatakan gerakan tanam holtikultura yang dilakukan PMI Kota Cilegon merupakan respon masa pemulihan tsunami Selat Sunda. Selain itu, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi warga pascabencana pihaknya mempunyai berbagai program.

Seperti memberikan pelatihan pemanfaatkan barang bekas atau tidak terpakai menjadi barang mempunyai nilai jual, salah satunya membuat keset dari pakaian tidak layak pakai dan masih banyak lagi program pemberdayaan korban bencana tsunami di Pandegelang ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hortikultura Tsunami Selat Sunda

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top