Waspada! Gelombang 6 Meter Mengancam Pesisir Banten saat Bulan Purnama

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi yang mengancam wilayah pesisir Banten saat bulan purnama.
Ilustrasi gelombang tinggi.
Ilustrasi gelombang tinggi.

Bisnis.com, SOLO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi yang mengancam wilayah pesisir Banten saat bulan purnama.

BMKG memprediksi fenomena fase bulan purnama yang akan terjadi pada Minggu (5/1/2023).

Salah satu ancaman yang perlu diwaspadai adalah potensi gelombang tinggi di pesisir Banten yang mencapai 4-6 meter.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, serta peningkatan ketinggian gelombang mencapai 4 - 6 meter di perairan selatan Jawa hingga NTT (Nusa Tenggara Timur)," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Serang, Tarjono, Rabu (1/2/2023).

Ancaman gelombang tinggi ini perlu diwaspadai oleh masyarakat yang tinggal di sekitar pelabuhan dan wilayah pesisir.

"Aktivitas yang mungkin terganggu adalah bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat," ujar Tarjono.

Tarjoni mengimbau kepada masyarakat, utamanya yang tinggal di daerah pesisir pantai, untuk selalu mengikuti update informasi dari BMKG.

Selain di Banten, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di pesisir Sumatra Barat, Kepulauan Riau, pesisir utara DKI Jakarta, Jawa Barat, pesisir Tegal, pesisir selatan Jawa Tengah, dan pesisir Jawa Timur.

Wilayah lain yang mungkin terdampak adalah pesisir NTT, pesisir Kalimantan Barat, pesisir Sulawesi Selatan, pesisir Pulau Selayar, pesisir Maluku Utara, dan pesisir Papua Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler