Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLN Operasikan Jaringan Transmisi 150 Kilovolt & GI 2 x 60 MVA

Jaringan transmisi yang bernilai investasi Rp170 miliar ini akan menyalurkan energi listrik melalui gas insulated switchgear (GIS) 150 kV Pondok Indah dan gardu induk (GI) 150 kV Gandul.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 17 November 2020  |  13:31 WIB
Ilustrasi perawatan jaringan listrik PLN - Antara/Rony Muharrman
Ilustrasi perawatan jaringan listrik PLN - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA — PLN berhasil merampungkan pembangunan jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt Pondok Indah Incomer dan gas insulated switchgear 150 kilovolt Pondok Indah II/Cirendeu Incomer.

Jaringan transmisi yang bernilai investasi Rp170 miliar ini akan menyalurkan energi listrik melalui gas insulated switchgear (GIS) 150 kV Pondok Indah dan gardu induk (GI) 150 kV Gandul.

“Dengan beroperasinya jaringan transmisi dan GIS ini, listrik yang kian andal akan segera dinikmati oleh masyarakat, serta industri di Jakarta dan sekitarnya, utamanya di area Tangerang Selatan,” ujar General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) Ratnasari Sjamsuddin melalui siaran pers, Selasa (17/11/2020).

Dia menuturkan bahwa PLN menyambut baik pertumbuhan pesat ekonomi dan industri di wilayah Tangerang Selatan melalui penyediaan infrastruktur kelistrikan yang kian andal.

Saat ini, di Tangerang Selatan terdapat industri pembangunan retail dan properti, serta kebutuhan industri lainnya dengan potensi kebutuhan listrik sebesar 24,1 megavolt ampere (MVA). Hal ini sesuai dengan kebutuhan pasokan listrik yang terus meningkat di Tangerang Selatan.

GIS 150 kV Pondok Indah II/Cirendeu memiliki kapasitas sebesar 2 x 60 MVA. Ketersediaan kapasitas ini dapat dioptimalkan bagi kebutuhan listrik masyarakat, serta industri setempat.

Melalui pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan ini, PLN berpotensi memperoleh pendapatan sebesar Rp263 miliar per tahun atau Rp721 juta rupiah per hari.

Tak hanya itu, pengoperasian jaringan transmisi kali ini juga dilengkapi dengan kegiatan penyelamatan lingkungan penataan taman di area pembangunan. PLN berharap agar kegiatan ini dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN transmisi tangsel
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top