Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemarau, Pemkab Tangerang Salurkan 1,54 Juta Liter Air Bersih

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat telah menyalurkan 1,54 juta liter air bersih kepada warga yang membutuhkan akibat dampak kemarau terutama bagi warga di kawasan pesisir.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat telah menyalurkan 1,54 juta liter air bersih kepada warga yang membutuhkan akibat dampak kemarau terutama bagi warga di kawasan pesisir.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengatakan penangulangan bencana kekeringan ini dilakukan secara terstruktur sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi perangkat daerah dan perusahaan daerah.

"Penanganan bencana kemarau baik oleh PDAM TKR, Dinas Perkim, BPBD dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan," tambahnya, Rabu (18/9/2019).

Sedangkan bantuan air bersih diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak kekeringan, dilakukan oleh PDAM, Dinas Perkim, BPBD Kabupaten Tangerang.

Untuk penanganan areal persawahan ditangani langsung oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan memberikan bantuan mesin pompa air dan membuat sumur bor.

Sementara itu, Dirut PDAM Kabupaten Tangerang, Rusdy Machmud mengatakan sejak awal Juli 2019 hingga pertengahan September 2019 sudah dibagikan sebanyak 308 mobil tangki.

Menurut dia, petugas siaga 24 jam membantu warga yang membutuhkan air bersih akibat kemarau panjang sesuai instruksi bupati.

Dia mengemukakan dalam instruksi tersebut pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman (Perkim) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) setempat.

Namun koordinasi penyaluran air bersih bersama aparat Perkim dan BPBD setempat sesuai zonasi yang telah disepakati karena cakupan wilayah terdampak kekeringan semakin luas.

Pembagian zonasi bantuan air bersih ini untuk memudahkan pemetaan wilayah agar dapat disalurkan kepada daerah yang membutuhkan terkena dampak kemarau panjang.

Rusdy menambahkan pihaknya mengirimkan bantuan air kepada 10 kecamatan terdampak kemarau panjang seperti Kecamatan Gunung Kaler, Kresek, Kronjo, Tigaraksa, Balaraja, Kemiri, Mekar Baru, Teluknaga, Legok dan Kecamatan Mauk.

Petugas PDAM menggunakan sebanyak enam mobil tanki yang dimiliki mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 21.00 wib setiap hari.

"Warga yang membutuhkan air bersih dapat dilayani dan bersabar karena keterbatasan armada truk tangki yang tersedia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler