Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Banten, Pelemahan Bisnis Nonmigas Bikin Ekspor Susut 2,34%

Ekspor Provinsi Banten selama Oktober mengalami penurunan 2,34% dibandingkan dengan bulan sebelumnya menadi US$689,77 juta. Adapun perolehan pada September mencapai US$706,27 juta.
Peti kemas.
Peti kemas.

Bisnis.com, TANGERANG—Ekspor Provinsi Banten selama Oktober mengalami penurunan 2,34% dibandingkan dengan bulan sebelumnya menadi US$689,77 juta. Adapun perolehan pada September mencapai US$706,27 juta.

Hal tersebut terpengaruh perkembangan kinera ekspor produk minyak dan gas bumi (migas) maupun nonmigas. Porsi terbesar dalam struktur ekspor Banten hampir 100% adalah nonmigas. Manakala ekspor di bidang ini turun 2,46% tak heran berimbas kepada penurunan total ekspor pula.

“Nonmigas mengalami penurunan, meskipun ekspor migas meningkat 485,71% dari bulan sebelumnya,” ucap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Syech Suhaimi dalam paparan data ekspor, Kamis (3/12/2015).

Khusus mengenai ekspor minyak dan gas bumi, imbuhnya, peningkatan ratusan kali lipat itu disebabkan ekspor komoditas-komoditas hasil minyak yang meningkat. Adapun komoditas lain, yakni gas dan minyak mentah tidak ditemui adanya kegiatan ekspor.

Kenaikan di sektor migas selama bulan kesepuluh setara dengan perolehan ekspor US$1,02 juta. Adapun selama September nilainya hanya US$0,17 juta. Kumulatif Januari – Oktober terkumpul ekspor senilai US$18,08 juta, susut 0,41% secara year on year.

Sementara itu untuk sektor nonmigas dengan penurunan 2,46% membawa ekspor ke level US$688,76 juta. Padahal pada September sempat mencapai US$706,09 juta. Adapun sejak awal tahun sampai dengan OKtober terkumpul US$7,56 miliar atau turun 11,33% secara year on year.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler