Warga Lebak Diminta Waspadai Hujan Petir & Angin

Oleh: Newswire 24 September 2018 | 16:53 WIB
Warga Lebak Diminta Waspadai Hujan Petir & Angin
Lidah petir menjalar di langit./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, RANGKASBITUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengimbau warganya agar mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin.

"Kewaspadaan itu guna mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa atupun kerusakan material," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi pada Senin (24/9/2018).

Hujan deras disertai angin kencang dan petir terjadi Minggu (23/9/2018) sore mengakibatkan sejumlah permukiman warga tergenang banjir dan puluhan pohon tumbang.

Selain itu, sejumlah ruas jalan di Kota Rangkasbitung tergenang banjir hingga ketinggian 20 sampai 30 centimeter. Namun, genangan banjir tersebut tidak berlangsung lama.

Penyebab banjir itu menyempitnya drainase dan tumpukan sampah, sehingga arus air hujan tidak berjalan lancar. "Kami minta masyarakat tetap waspada,terutama permukiman yang dilanda banjir."

Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, dalam 3 hari ke depan daerah setempat dilanda hujan deras disertai angin kencang dan petir. Potensi cuaca yang kurang bersahabat itu terjadi sore hingga malam.

Untuk mengantisipasi bencana itu, pihaknya sudah menyampaikan surat peringatan imbauan kepada aparat kecamatan dan desa agar meningkatkan kewaspadaan atas cuaca buruk tersebut. "Kami yakin dengan meningkatkan kewaspadaan dapat meminimalisasi korban kebencanaan."

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer