Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disperindag Lebak Jamin Persedian Pangan Cukup selama Ramadan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Banten, menjamin persediaan pangan aman selama Ramadan 2020.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, LEBAK - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Banten, menjamin persediaan pangan aman selama Ramadan 2020.

"Persediaan pangan selama Ramadan melimpah," kata Kepala Disperindag Kabupaten Lebak Dedi Rahmat, dikutip Rabu (29/4/2020)

Pendistribusian kebutuhan bahan pokok ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak berjalan lancar, meski curah hujan cukup tinggi.

Selama ini, persediaan bahan pokok selama Ramadan relatif aman dan mencukupi juga tidak terdampak pandemi virus Covid-19.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan terjadi kenaikan harga-harga hingga Lebaran, karena berdasarkan hasil pemantauan persedian bahan pokok melimpah.

"Kami optimistis konsumsi kebutuhan selama Ramadan hingga Lebaran terpenuhi dan harga stabil," katanya menjelaskan.

Menurut dia, saat ini, pasokan bahan pokok yang melimpah di antaranya beras, minyak goreng, gula, daging unggas, telur, daging sapi, terigu, sayur dan lainnya. Bahkan produksi beras surplus dari hasil produksi petani Kabupaten Lebak juga pengusaha distribusi stok bahan pokok memiliki persediaan cukup banyak.

Pemerintah daerah melibatkan Satgas Pangan juga Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPIDdalam ) mengoptimalkan pengawasan ke sejumlah perusahaan pemasok sembako guna mengatasi aksi penimbunan. Namun, pihaknya tidak menemukan adanya penimbunan bahan pokok tersebut.

Selain itu juga masyarakat diimbau tidak melakukan aksi borong yang bisa menimbulkan kelangkaan di pasaran hingga menimbulkan gejolak.

"Kami juga meminta pedagang tidak menaikkan harga seenaknya selama Ramadan hingga Idulfitri 1441 H," katanya.

Sementara itu, sejumlah konsumen mengaku bahwa mereka terpenuhi kebutuhan baha pokok selama Ramadhan karena pasokan bahan pokok di Pasar Maja melimpah.

"Kami membeli kebutuhan pokok untuk selama sepekan terpenuhi dan harga stabil," kata Ujang (45), warga Maja saat ditemui di Pasar Maja Kabupaten Lebak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler