Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPPT Siapkan Teknologi WTDI Atasi Banjir Periuk Tangerang

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan teknologi water treatment deep injection (WTDI) untuk dimanfaatkan Pemerintah Kota Tangerang dalam penanganan banjir di Periuk.
Evakuasi warga terdampak banjir di Periuk Damai, Kota Tangerang, Banten/Antara
Evakuasi warga terdampak banjir di Periuk Damai, Kota Tangerang, Banten/Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyiapkan teknologi water treatment deep injection (WTDI) untuk dimanfaatkan Pemerintah Kota Tangerang dalam penanganan banjir di Periuk.

Kepala Bagian Program dan Anggaran Pusat Teknologi Reduksi Risiko Bencana pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Nur Hidayat menuturkan WTDI adalah mengumpulkan genangan air ke dalam sebuah kolam bawah tanah yang di dalamnya ada pengolah air secara cepat, kemudian masuk dalam sumur yang kemudian ditekan (injeksi) ke akuifer dalam.

Ia menjelaskan bahwa wilayah Kota Tangerang Kota pada bagian atasnya tersusun oleh endapan aluvial yang air tanah dekat permukaan dangkal dan mudah jenuh saat musim hujan dan mudah kering saat musim kemarau.

Oleh karena itu, kata dia, harus dipetakan akuifer-akuifer lain yang lebih dalam dan yang bisa dimasuki oleh air hujan sebagai salah satu solusi mengatasi dampak dari banjir.

"Namun demikian tidak begitu saja air hujan boleh dimasukkan ke dalam sumur resapan atau sumur injeksi, melainkan perlu treatment dulu di sumur resapan tersebut," ujarnya, Rabu (5/2/2020).

Nur Hidayat mengatakan, sebelumnya telah dilakukan kerja sama antara Pemkot Tangerang dan BPPT pada Tahun 2019 meliputi pemetaan akuifer dan air bawah tanah di wilayah Kota Tangerang yang akan di gunakan untuk menentukan daerah resapan, luasannya dan jumlah akuifer yang berpotensi sebagai tujuan resapan.

Hal ini, ujar Nur Hidayat, sesuai dengan program Pemerintah Kota Tangerang dalam merencanakan aplikasi sumur resapan dan sumur injeksi.

"Tidak semua daerah bisa dipasang sumur resapan karena sangat tergantung pada kondisi geologinya," ujarnya.

Selain itu dalam upaya mengurangi debit air pada sungai utama, maka dibuatkan saluran limpasan di anak-anak sungai yang akan masuk sungai utama dengan cascade vertical infiltration (CVI).

Dikatakannya, CVI yaitu menyodet sebagian aliran anak sungai untuk dimasukkan ke dalam sumur infiltrasi yang dirangkai secara simultan dan bertingkat dengan beberapa sumur dalam.

Targetnya adalah debit air dari anak sungai bisa dikurangi dengan diinfiltrasikan ke dalam akuifer-akuifer dalam dari beberapa sumur yang disusun.

Bila masih limpas juga, katanya, maka limpasannya akan dikembalikan masuk ke anak sungai kembali untuk diteruskan ke sungai utama.

"Selain itu BPPT juga memasang AWLR di tiga titik yang berfungsi untuk memantau ketinggian muka air di beberapa tempat," ujarnya.

Pemerintah Kota Tangerang sebelumnya akan melakukan kerja sama dengan BPPT terkait pembuatan program penanganan banjir jangka pendek, menengah dan panjang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Dinas PUPR sudah melakukan komunikasi dengan BPPT terkait rencana kerja sama itu.

"Harapannya, pada pekan ini atau pekan depan sudah ada MoU dengan BPPT sehingga bisa sesegera mungkin dilakukan langkah penyusunan program penanganan banjir," ujarnya.

Dari hasil diskusi tahap awal, kata Arief, program yang akan dilakukan nantinya untuk mengatasi banjir di wilayah Periuk adalah pembuatan sumur injeksi skala besar. "Ada dua yang disarankan BPPT dan kami akan bahas teknis ke depannya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler