Empat Desa di Lebak Dihantam Banjir

BPBD Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyalurkan bantuan korban banjir di Kecamatan Banjarsari.
Newswire | 31 Desember 2018 05:20 WIB
Banjir di Banten pada Rabu (26/12/2018). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, RANGKASBITUNG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menyalurkan bantuan korban banjir di Kecamatan Banjarsari.

"Kami menyalurkan bantuan logistik itu di empat desa," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi, di Rangkasbitung, ibu kota Kabupaten Lebak, Minggu (30/12/2018).

Penyaluran bantuan logistik itu guna mengurangi risiko kebencanaan agar mereka tidak terjadi ancaman kerawanan pangan.

Selain itu, bantuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak bencana alam. Masyarakat yang tinggal di Kecamatan Banjasari dipetakan masuk wilayah langganan banjir jika hujan deras melanda di daerah itu.

Penyaluran bantuan logistik itu antara lain kebutuhan bahan pokok, lauk pauk, makanan siap saji, air kemasan, perlengkapan pakaian bayi,selimut, tikar, dan susu bayi. "Kami berharap bantuan logistik itu dapat memenuhi ketersediaan makanan."

Kaprawi mengutarakan warga yang terdampak banjir sangat memerlukan bantuan logistik, karena mereka belum bisa melakukan kegiatan memasak. Apalagi, di antaranya terdapat beras terendam banjir hingga perabotan rumah tangga.

Peristiwa bencana alam tersebut setelah hujan deras disertai angin kencang dan sambaran petir. Banjir yang melanda empat desa di Kecamatan Banjarsari akibat luapan Sungai Cilemer dan Cilangkahan.

Masih beruntung, banjir dengan ketinggian 1,7 meter tidak mengakibatkan korban jiwa karena warga sudah mewaspadai cuaca buruk selama beberapa pekan terakhir.

"Kami sudah memperingatkan kepada warga yang tinggal di daerah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan," kata Kaprawi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir, lebak

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top