Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI BANTEN: Pinjaman Konsumsi dan Investasi Dongkrak Kredit

Perkembangan kredit perbankan pada triwulan III/2015 tidak hanya ditopang kredit modal kerja, tetapi juga pinjaman konsumsi dan investasi.nn
Kredit Usaha Rakyat.
Kredit Usaha Rakyat.

Bisnis.com, TANGERANG—Perkembangan kredit perbankan pada triwulan III/2015 tidak hanya ditopang kredit modal kerja, tetapi juga pinjaman konsumsi dan investasi.

Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional (KEKR) Banten yang dilansir Bank Indonesia menyatakan masing-masing porsi kredit itu sebesar 29,70% setara Rp68,03 triliun dan 26,56% sama dengan Rp60,84 triliun untuk konsumsi dan investasi. Sementara modal kerja porsinya 43,74% setara Rp100,19 triliun.

Pinjaman modal kerja tumbuh 23,66% (yoy), ini lebih baik daripada triwulan sebelumnya sebesar 19,40% (yoy). Demikian pula kredit investasi juga besarannya tumbuh membaik dibandingkan dengan triwulan kedua, yakni dari 6,97% (yoy) menjadi 9,33% (yoy) pada triwulan ketiga.

Namun situasi sebaliknya berlaku untuk kredit konsumsi. Walaupun tumbuh tetapi jumlahnya tidak lebih baik jika dikomparasikan terhadap triwulan II/2015. Selama Juli – September hanya tumbuh 11,79% (yoy) padahal pada triwulan sebelumnya menyentuh kisaran 13,10% (yoy).

“Perlambatan penyaluran kredit konsumsi terdorong penurunan konsumsi yang dilakukan rumah tangga,” tutur Kepala BI Banten Budiharto Setyawan, Senin (28/12/2015). Perlambatan juga tampak dari perkembangan peningkatan tabungan masyarakat selama triwulan II dan III 2015.

Adapun nilai kredit secara keseluruhan di Banten tercatat Rp229,06 triliun selama Juli – September tahun ini. Nilai ini meningkat 15,97% (yoy), pertumbuhan ini lebih baik daripada triwulan sebelumnya hanya naik 13,92% (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler