Warga Tangsel Galakkan Budidaya Ikan Hias

Oleh: Nurudin Abdullah 17 November 2016 | 18:16 WIB
Budidaya ikan hias. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, TANGSEL- Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus mendorong pengusaha budidaya ikan hias untuk meningkatkan kualitas produk sehingga dapat menembus pasar yang lebih luas, termasuk ke luar negeri.

Dadang Raharja, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel, mengatakan walaupun sebagian pengusaha hanya memiliki lahan yang relatif sempit tetapi tetap bisa menghasilkan produk yang berkualitas.

“Para pelaku usaha harus terus meningkatkan kualitas produksinya, karena setiap tahun selalu mengalami peningkatan permintaan ikan hias dari Tangsel,” katanya, Kamis (17/11/2016)

Menurutnya, produksi budidaya ikan hias di Tangsel cenderung terus meningkat, pada 2014 sebanyak 2,9 juta ekor, menjadi 3,8 juta ekor pada 2016, dan pada semester pertama tahun ini sudah mencapai 902.405 ekor.

Pemkot Tangsel terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diantaranya melalui program pengembangan budidaya ikan hias.

Apalagi, imbuhnya, kondisi alam dan lokasi di wilayah 7 kecamatan  di Tangsel cocok untuk membudidayakan ikan hias. Walaupun lahannya relatif sempit akibat banyak yang beralih fungsi, namun teknologi memungkinak untuk usaha itu.

Editor: Andhika Anggoro Wening

Berita Terkini Lainnya