Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Upaya Pemkot Tangerang Bantu Penyembuhan Penderita TB

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan angka kematian terkait dengan kasus TB tinggi bahkan melebihi Covid-19 sehingga perlu penanganan lebih intensif.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 November 2021  |  19:18 WIB
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah - Antara
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah - Antara

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan meluncurkan program Aksi Skrining Mandiri Berbasis Masyarakat (Asmara) TB dengan target membentuk 5.000 kader yang bertugas mendeteksi dan membantu penyembuhan penderita tuberkulosis.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan angka kematian terkait dengan kasus TB tinggi bahkan melebihi Covid-19 sehingga perlu penanganan lebih intensif.

"Angka kematian akibat TBC mencapai 92.000 dan ini sangat membahayakan. Maka itu pemkot melalui dinkes berupaya mengatasinya dengan membantu penderita untuk dapat disembuhkan melalui program yang diluncurkan dinkes yakni Asmara TB," katanya dikutip Senin (15/11/2021).

Dia meminta kepada masyarakat yang mengalami gejala TB untuk segera melapor kepada tenaga kesehatan di puskesmas terdekat agar mendapatkan perawatan dan penyembuhan secara optimal.

Selain itu, kader Asmara TB yang dibentuk dinkes dengan total saat ini 1.000 orang agar dapat bekerja secara optimal dalam mendeteksi penderita TB sehingga tidak semakin meluas.

"Kita memerlukan kerja sama semua pihak agar kasus TB ini dapat ditekan dan masyarakat tak perlu ragu untuk berobat sebab memerlukan waktu dalam penyembuhan," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini mengatakan pembentukan kader Asmara TB dilakukan secara bertahap hingga mencapai 5.000 orang ke depannya.

Nantinya, katanya, kader tersebut akan melakukan penapisan di setiap wilayah dalam membantu penyembuhan penderita.

Untuk proses kemudahan transportasi maka dilakukan kerja sama dengan dishub yang memberikan fasilitas Bus Jawara.

"Jadi nanti penderita dijemput menggunakan bus dan dibawa ke RSUD," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang banten

Sumber : Antara

Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top