Tangerang Menangkarkan Benih Padi di Lahan 8 Hektare

Bibit padi yang disediakan diberikan secara gratis bagi petani Kabupaten Tangerang.
Ilustrasi./Antara-Weli Ayu Rejeki
Ilustrasi./Antara-Weli Ayu Rejeki

Bisnis.com, TANGERANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Banten mengembangkan penangkaran benih padi untuk memenuhi kebutuhan kelompok tani di daerah itu.

Kepala Dispertan Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan, di Tangerang, Kamis (4/11/2021) mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tangerang telah melakukan penangkaran benih padi di lahan seluas 8 hektare.

"Kita ada penyediaan penangkaran benih padi untuk bantuan petani sebesar 16 ton di lahan seluas 8 hektare," katanya.

Ia mengatakan, dalam pengembangan penangkaran benih padi di luasan 8 hektare itu, ditargetkan satu hektarnya bisa memproduksi 2 ton benih padi.

"Bibit ini kita sediakan dengan penangkaran sendiri dan dikelola sendiri jadi tidak mengeluarkan anggaran dari manapun," ujarnya.

Ia menuturkan, dengan jumlah benih padi yang saat ini tersedia sudah cukup memenuhi kebutuhan para petani di Kabupaten Tangerang, khususnya bagi petani yang mengalami gagal panen karena terdampak cuaca buruk.

"Kalau pun nanti benih padi ini tidak cukup, kita juga sudah ada bantuan benih padi dari pemerintah Provinsi Banten dan pemerintah pusat," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, pada penangkaran benih padi tersebut ditujukan untuk meringankan beban petani guna hasil produksinya tidak terganggu.

Karena, lanjutnya, selama tahun 2021 ini dengan perubahan iklim yang berubah-ubah dan juga masih masa pandemi, tentunya banyak para petani di Kabupaten Tangerang yang terdampak, terutama terhadap hasil panen yang menurun.

"Dan bibit padi yang disediakan kita diberikan secara gratis bagi petani Kabupaten Tangerang ini," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler