Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banten Bakal Bangun Pasar Induk Agribisnis Rp30 Miliar

Luas pasar induk dari 10 hektare lahan yang sudah disiapkan, berdasarkan DED pembangunan untuk pasar induk sekitar 3,5 hektare.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  16:23 WIB
Ilustrasi. - Antara/Aprillio Akbar
Ilustrasi. - Antara/Aprillio Akbar

Bisnis.com, SERANG - Pemprov Banten segera membangun Pasar Induk Agribisnis Banten Mandiri di Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang yang akan dibiayai dari pinjaman salah satu BUMN, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan anggaran yang disiapkan sekitar Rp30 miliar.

Kepala Diaperindag Banten Babar Suharso mengatakan, pembangunan pasar induk tersebut rencananya dilakukan pada tahun anggaran 2020, namun karena terkena refocusing untuk Covid-19, pembangunan akhirnya ditunda ke tahun anggaran 2021.

"Pembangunan pasar induk rencananya dilakukan pada tahun anggaran 2020, namun karena terkena refocusing untuk Covid-19, pembangunan akhirnya ditunda ke tahun anggaran 2021. Karena ini termasuk program prioritas pembangunan daerah, maka dananya diambil dari pinjaman PT SMI, untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN)," kata Babar di Serang, Kamis (15/10/2020).

Menurut Babar, luas pasar induk dari 10 hektare lahan yang sudah disiapkan, berdasarkan DED pembangunan untuk pasar induk sekitar 3,5 hektare.

"Sisanya untuk cadangan, seperti Rice Milling Unit (RMU) atau penggilingan padi untuk produksi beras. Pergudangan yang dilengkapi dengan cool storage untuk menjaga agar sayur-sayuran tetap segar," katanya.

Babar mengungkapkan, saat ini kondisi lahan sudah dilakukan "land clearing" atau pemerataan lahan yang dilakukan oleh pihak ketiga pada tahun anggaran 2020 ini sebesar Rp2 miliar.

"Kita sudah lakukan semuanya sesuai dengan peraturan,"kata dia.

Diakui Babar, pembangunan itu merupakan salah satu program penting dan prioritas di Disperindag, namun setelah semuanya selesai tentu akan kami serahkan kepada BUMD Agribisnis selaku pengelola.

"Sekarang hanya pasar induk dan gudang saja. Dan itu nantinya akan dikelola sepenuhnya oleh BUMD Agribisnis," kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banten pasar induk

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top