Dana Hibah untuk Ponpes di Banten Tak Lagi Lewat FSPP

Hasil konsultasi Pemprov Banten ke Kemendagri atas dana hibah 2019 untuk pondok pesantren tidak boleh lagi menyalurkan melalui FSPP Provinsi Banten.
Newswire | 30 November 2018 20:11 WIB
Ilustrasi santri. - Antara

Bisnis.com, SERANG – Hasil konsultasi Pemprov Banten ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas dana hibah 2019 untuk pondok pesantren (ponpes) tidak boleh lagi menyalurkan melalui lembaga Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten.

Penjabat Sekda Banten, Ino S. Rawita, mengatakan bantuan dana Ponpes adalah komitmen Pemprov Banten dan sudah dialokasikan pada APBD 2019. Adapun yang mengalami perubahan adalah lembaga penyalurnya yang kemungkinan besar tidak lagi melalui FSPP.

"Dana bantuan Ponpes tidak boleh dua kali ke FSPP. Jadi sekarang kita sedang mencari organisasi lain yang layak bisa menerima anggaran itu," kata Ino di Serang, Banten, pada Jumat (30/11/2018).

Dia mengemukakan berkaitan dengan aturan itu, kini Pemprov Banten menyeleksi organisasi mana yang layak menjadi pengelola bantuan dana Ponpes. Organisasi yang dimaksud harus memiliki kapasitas dan integritas, minimal setara dengan FSPP.

'Jadi, kita sedang mencari, sedang dalam proses lah. Nanti lembaga mana yang sesuai dengan aturan yang berlaku," ucapnya.

Pihaknya saat ini masih mengumpulkan organisasi yang sekiranya pantas menerima amanah itu. Namun demikian, pihaknya menjamin, perubahan lembaga penyalur tIDak akan mengubah susunan calon penerima, bahkan penerima bantuan tersebut dipastikan bertambah dibanding 2017.

"Belum, nanti lagi mencari. Mungkin nanti ada beberapa, nanti kita membahas bersama. Yang terpenting kita akan mencarikan kepada siapa pun dengan aturan yang tidak melanggar," ujarnya.

Sumber : Antara

Tag : banten, pesantren
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top