Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investasi Sektor Properti Dominasi Penanaman Modal di Tangerang

Sektor properti menyumbang 42% atau senilai Rp1,6 triliun dari realisasi Rp3,97 triliun.
Foto aerial salah satu perumahan subsidi di Ciampea, Bogor, Jawa Barat./Bisnis-Himawan L Nugraha.
Foto aerial salah satu perumahan subsidi di Ciampea, Bogor, Jawa Barat./Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis.com, TANGERANG - Sektor properti seperti perumahan, kawasan industri dan perkantoran menjadi bidang di urutan pertama Kota Tangerang yang menyumbangkan capaian investasi terbesar pada triwulan kedua 2024.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang Sugihharto Achmad Bagdja di Tangerang Kamis (22/8/2024) mengatakan sektor properti menyumbang 42% atau senilai Rp1,6 triliun dari realisasi Rp3,97 triliun.

"Sektor properti ini sangat besar sumbangan investasi kepada capaian di Kota Tangerang. Karena trennya memang sedang meningkat," kata Sugihharto Achmad Bagdja

Sementara itu sektor kedua yang menyumbang investasi besar adalah bidang perdagangan dan reparasi dengan persentase sebesar 14% atau senilai Rp559,4 miliar.

Lalu untuk sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi berada di urutan ketiga dengan sumbangan investasi sebesar 13 persen atau senilai Rp506,1 miliar.

Lalu untuk sektor jasa dan lain-lainnya menyumbang investasi dengan persentase sebesar 10 persen atau senilai Rp384,5 miliar dan sektor industri karet dan plastik dengan persentase sebesar enam persen senilai Rp236,36 miliar.

"Ini adalah lima sektor yang memberikan capaian investasi terbesar di Kota Tangerang. Banyak sektor lain juga yang tumbang positif pada triwulan kedua," ujarnya.

Pemkot Tangerang juga berharap kontribusi sektor usaha di atas dapat mendorong peningkatan sektor-sektor usaha lainnya agar dapat berkontribusi maksimal dalam capaian realisasi investasi di Kota Tangerang dalam beberapa waktu mendatang.

“Selain beberapa sektor usaha tadi, juga masih terdapat sektor-sektor lainnya yang turut berkontribusi meningkatkan capaian realisasi investasi di Kota Tangerang, seperti industri kendaraan bermotor, industri mesin, industri farmasi, industri tekstil dan sebagainya,” kata dia.

Sementara itu realisasi investasi triwulan kedua 2024 di Kota Tangerang, didominasi penyerapan tenaga kerja dari perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan total 14.025 orang, sedangkan Penanaman Modal Asing (PMA) sebanyak 1.434 orang.

Sedangkan untuk realisasi investasi semester satu yang telah dirilis sebelumnya yakni sebesar Rp4,72 triliun dengan menyerap 6.068 tenaga kerja dan didukung oleh 3.528 proyek. Capaian realisasi investasi Kota Tangerang telah sampai 60,52% dari target Rp8,69 triliun berdasarkan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) tahun 2024-2026.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler