Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebihi Target, Nilai Investasi Lebak 2019 Capai Rp2,1 Triliun

Nilai investasi Kabupaten Lebak, Banten, menembus Rp2,1 triliun pada 2019, melebihi target yang ditentukan pemerintah daerah sebesar Rp1 triliun.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, LEBAK - Nilai investasi Kabupaten Lebak, Banten, menembus Rp2,1 triliun pada 2019, melebihi target yang ditentukan pemerintah daerah sebesar Rp1 triliun.

"Kami yakin realisasi nilai investasi itu dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di Lebak, Jumat (7/2/2020).

Ia mengatakan, pemerintah daerah terus menggenjot peningkatan nilai investasi karena menyumbangkan pertumbuhan ekonomi cukup besar sehingga dapat mengatasi kemiskinan dan pengangguran. Investasi itu akan menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bahkan, saat ini hotel, pedagang makanan, dan usaha jasa berkembang, termasuk devoloper yang membangun perumahan.

"Kami mendorong Lebak dijadikan daerah berinvestasi, karena memiliki sumber daya alam yang melimpah," katanya.

Menurut dia, pemerintah daerah memberikan kemudahan proses perizinan bagi pelaku usaha untuk menanamkan modal di Kabupaten Lebak.

Kehadiran investor penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA) dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Selain itu, juga menyerap tenaga kerja sehingga dapat menekan urbanisasi maupun tenaga kerja migran ke luar negeri.

Kemudahan proses perizinan diberikan dengan aplikasi secara elektronik menggunakan Online Single Submission (OSS).

Penerapan OSS berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 dan dilakukan secara sinergi di antara satuan tugas yang sudah terbentuk di kementerian maupun lembaga juga pemerintah daerah.

"Kami brharap Lebak menjadi daerah investasi karena ada OSS, sehingga pelaku usaha dengan mudah memperoleh nomor induk berusaha (NIB) maupun perpanjangan atau perubahan izin usaha dan atau izin komersial," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, pencapaian realisasi nilai investasi menembus Rp2,1 triliun berasal dari investor PMA sebanyak 14 perusahaan, di antaranya PT Citra Maja bergerak di bidang developer perumahan, PT Cemendo Gemilang memproduksi semen merah putih juga PT PWI memproduksi sepatu dan PT Cinoma.

Nilai investasi itu berdasarkan Laporan Kegiatan Pelaksanaan Penanaman Modal (LPPM) dari perusahaan bersangkutan.

"Kami minta para investor yang mengembangkan usahanya di Lebak sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat," katanya.

Pemerintah daerah memberikan jaminan keamanan kepada investor agar Lebak menjadikan daerah investasi yang kondusif.

Saat ini, potensi kekayaan sumber daya alam yang kaya memiliki nilai jual bagi investor untuk mengembangkan usaha di bumi "Tanah Multatuli" itu.

Para investor mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, pertambangan, perikanan, perindustrian, perdagangan, dan pariwisata,katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler