Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Lebak Selatan Diminta Waspadai Banjir Bandang

Masyarakat Kabupaten Lebak bagian selatan diminta mewaspadai banjir bandang dan longsoran sehubungan curah hujan di daerah itu cenderung meningkat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Desember 2019  |  18:35 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, LEBAK - Masyarakat Kabupaten Lebak bagian selatan diminta mewaspadai banjir bandang dan longsoran sehubungan curah hujan di daerah itu cenderung meningkat.

"Cuaca buruk masih berpeluang terjadi dan bisa menimbulkan bencana alam," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Minggu (8/12/2019).

Potensi bencana alam berpeluang di wilayah Lebak bagian selatan meliputi Kecamatan Panggarangan, Cihara, Wanasalam, Malingping, Cilograng, Bayah dan Cibeber.

Banjir bandang dan longsoran tanah di Kecamatan Bayah dan Cibeber tentu menimbulkan kerusakan infrastuktur jembatan dan jalan.

Saat ini, tiga jembatan yang menghubungkan antarkecamatan dan antardesa terputus,sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat. Begitu juga petani yang siap panen padi dan ikan tawar terpaksa gagal akibat luapan air banjir tersebut.

Karena itu, BPBD Lebak mengimbau masyarakat yang tinggal di permukiman bantaran aliran sungai, pegunungan dan perbukitan agar meningkatkan kewaspadaan banjir bandang dan longsor.

BPBD Lebak mengeluarkan peringatan dini bencana alam menyusul cuaca buruk melanda wilayah Kabupaten Lebak. Peringatan dini untuk mengurangi risiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Selama ini, kata dia, wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori langganan bencana alam.

Banjir bandang belum lama ini menimpa warga Kecamatan Cibeber dan Bayah akibat luapan sejumlah sungai di daerah itu.

"Kami minta warga jika cuaca buruk segera menyelamatkan diri ke lokasi yang aman," katanya.

Sementara itu, masyarakat yang dilanda banjir bandang dan longsor di Kecamatan Cibeber dan Bayah sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Kami kembali menempati rumah setelah terendam banjir setinggi 60 sentimeter," kata Ahmad, warga Desa Citorek Kidul Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banten

Sumber : Antara

Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top