Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kantong Plastik Berbayar: BLH Tangerang Segera Sosialisasikan di Pasar Tradisional

Program Kantong Plastik Berbayar: BLH Tangerang Segera Sosialisasikan di Pasar Tradisional
Diet Kantong Plastik/Antara-Wahyu Putro A
Diet Kantong Plastik/Antara-Wahyu Putro A

Bisnis.com, TANGERANG-- Pemerintah Kota Tangerang fokus menyosialisasikan kebijakan kantong plastik berbayar kepada kalangan peritel modern pada tahun ini.

Pasalnya, kalangan peritel modern dinilai lebih mudah dibina ketimbang pasar tradisional. Tak hanya itu, asosiasi terkait misalnya Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APBI) sudah menyetujui kebijakan tersebut sehingga sosialisasi menjadi lebih mudah.

“Ritel modern itu sosialisasinya lebih top down, konsumennya juga tergolong menengah ke atas sehingga lebih mudah diatur. Pemda juga memiliki kekuatan di izin, sebaliknya pasar tradisional lebih ke individu dengan beragam latar belakang,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang Lisa Pusapadewi kepada Bisnis, Jumat (26/2)

Dalam waktu dekat, BLH Tangerang dengan dinas terkait juga berencana untuk segera melakukan sosialisasi ke pasar-pasar tradisional yang tersebar di 13 kecamatan. Hingga evaluasi kebijakan ini pada Juni mendatang, pihaknya tak ingin terburu-buru melakukan sosialisasi ke pasar tradisional.

“Pasar Anyar di Tangerang akan menjadi bidikan awal pemda untuk melakukan sosialisasi ke pasar tradisional. Jika dilihat dari konsumsi kantong plastik, penggunaan pasar tradisional memang masih mendominasi ketimbang ritel modern,” ujarnya.

Untuk sementara, Pemkot Tangerang juga masih mematok harga tiap kantong plastik senilai Rp200. Hal tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor. S.1230/PSLB3-PS/2016 tentanh Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar.

“Selama masa evaluasi sejak kebijakan kantong plastik ini berlaku hingga enam bulan kemudian, kami akan melakukan pemantauan terhadap konsumsi kantong plastik. Apakah ini [kebijakan] efektif dalam mengurangi konsumsi kantong plastik atau justru tidak menimbulkan dampak apapun, enam bulan ini akan terlihat,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler