Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Situ Palayangan di Lebak Kekeringan akibat Kemarau Panjang

Situ Palayangan di Kabupaten Lebak,Banten mengalami kekeringan dan ditumbuhi tanaman rerumputan akibat kemarau panjang di daerah itu.
Situ Palayangan di Kabupaten Lebak, Banten mengalami kekeringan dan ditumbuhi tanaman rerumputan akibat kemarau panjang di daerah itu./Antara
Situ Palayangan di Kabupaten Lebak, Banten mengalami kekeringan dan ditumbuhi tanaman rerumputan akibat kemarau panjang di daerah itu./Antara

Bisnis.com, LEBAK - Situ Palayangan di Kabupaten Lebak,Banten mengalami kekeringan dan ditumbuhi tanaman rerumputan akibat kemarau panjang di daerah itu.

"Kekeringan Situ (danau alam) Palayangan itu menyebabkan petani tidak melaksanakan gerakan tanam," kata Ahmad, seorang petani di Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak, Kamis (24/10/2019).

Situ Palayangan selama ini memasok air untuk mengairi ratusan hektare areal persawahan di sejumlah desa di Kecamatan Kalanganyar dan Kecamatan Cimarga.

Mereka petani merasa kesulitan untuk melaksanakan gerakan tanam setelah Situ Palayangan mengalami kekeringan. "Kami bersama petani lainnya di sini terpaksa menganggur akibat kemarau panjang itu," katanya.

Salah satu anggota Kelompok Tani Desa Suka Mekarsari Kecamatan Kalanganyar Toto mengaku bahwa petani di sini terpaksa mengoptimalkan pompanisasi dengan menyedot air permukaan sungai Cisimeut.

Sebab, pasokan air dari Situ Palayangan terjadi kekeringan akibat kemarau panjang itu. "Kami beruntung petani di wilayahnya seluas 30 hektare bisa dipanen melalui pompanisasi bantuan Dinas Pertanian dan Perkebunan setempat," katanya.

Sementara itu, Dedi, petugas Situ Palayangan mengaku bahwa sejak empat bulan terakhir kondisi situ mengalami kekeringan akibat kemarau yang terjadi sejak Juni 2019 lalu.

Saat ini, Situ Palayang yang berlokasi di Desa Margajaya Kecamatan Cimarga dengan luas area 87.151 M2 dipadati tanaman rerumputan.

"Kami yakin kekeringan Situ Palayangan itu disebabkan adanya aktivitas eksploitasi pertambangan pasir putih juga dampak berkembangnya perkebunan kelapa sawit," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, sebelumnya kondisi Situ Palayangan jika kemarau panjang selalu terdapat pasokan air. "Kemungkinan kerusakan alam hingga menyebabkan debit air turun sehingga menimbulkan kekeringan," tambahnya.

"Kami menerima informasi dua bulan ke depan akan dilakukan normalisasi Situ Palayangan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian ," katanya.

Kepala Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Lebak, Dade Yan Apriyandi mengatakan bahwa Situ Palayangan hingga kini masih menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Banten.

Selama ini, Pemerintah Kabupaten Lebak hanya memiliki tanggung jawab pada pemeliharaan jaringan irigasi karena pemakai dan pengguna air adalah petani Kalanganyar dan Cimarga.

"Kami berharap ada normalisasi Situ Palayangan agar tidak terjadi pendangkalan yang mengakibatkan kekeringan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler