Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemarau, Petani Lebak Beralih Kembangkan Tanaman Sayuran

Sejumlah petani di Kabupaten Lebak, Banten, kini beralih mengembangkan tanaman sayuran karena lahan garapan pertanian pangan kekeringan akibat kemarau panjang sejak dua bulan terakhir.
Petani yang tengah memanen sayuran jenis kacang panjang di Tangerang, Banten/Bisnis
Petani yang tengah memanen sayuran jenis kacang panjang di Tangerang, Banten/Bisnis

Bisnis.com, LEBAK - Sejumlah petani di Kabupaten Lebak, Banten, kini beralih mengembangkan tanaman sayuran karena lahan garapan pertanian pangan kekeringan akibat kemarau panjang sejak dua bulan terakhir.

"Kami lebih mengembangkan pertanian sayuran karena menguntungkan dibandingkan tanaman padi yang mengalami kekeringan," kata H Acep, petani di Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Selasa (27/8/2019).

Pengembangan pertanian sayuran tidak begitu banyak memerlukan pasokan air juga permintaan pasar cukup tinggi. Petani cukup membasahi tanaman pagi dan sore, sehingga tanaman sayuran tumbuh hingga panen.

Para petani mengembangkan tanaman sayuran itu dengan memanfaatkan lahan persawahan yang tidak ditanami padi akibat kekeringan.

Tanaman sayuran setelah 40 hari dapat dipanen. "Kami dan petani lainnya di sini mengembangkan sayuran paria, kacang panjang dan ketimun," katanya.

Menurut dia, saat ini harga sayuran relatif bagus dan menguntungkan karena di tingkat petani mencapai Rp6.000/Kg.

Produksi tanaman sayuran jika panen bisa menghasilkan sebanyak dua ton/petak selama sepekan. Apabila, petani menjual sebanyak dua ton dengan harga Rp6.000/Kg maka pendapatan petani sebesar Rp12 juta.

"Kami setiap pekan bisa menjual produksi sayuran jenis ketimun dan kacang panjang ke Pasar Induk Bogor," ujarnya.

Petani lainnya Suhari, dari Desa Selaraja, Kecamatan Warunggunung, Lebak mengatakan sebagian besar petani pada musim kemarau meninggalkan padi sawah karena mengalami kekeringan.

Sebab areal persawahan tidak cocok ditanami padi karena kekeringan hingga terlihat petak-petak sawah tanahnya terbelah. Karena itu, petani di sini lebih memilih tanam ketimun dan kacang panjang karena sudah ditampung oleh tengkulak.

"Kami sekali musim panen bisa mendapatkan sekitar Rp15 juta dari empat petak itu," katanya.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak Iman Nurzaman mengimbau petani agar mengembangkan pertanian sayur-sayuran sehubungan musim kemarau panjang.

Pertanian tanaman sayuran cukup menjanjikan pendapatan ekonomi petani karena permintaan pasar cukup tinggi.

"Kita berharap ke depan petani bisa mengganti pola tanam dari padi sawah ke tanaman sayuran untuk meningkatkan produksi ketahanan pangan dan ekonomi petani menjadi lebih baik," katanya menjelaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler