Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Sayuran di Kabupaten Lebak Naik Sepekan Terakhir

Sejumlah komoditas harga sayuran di Kabupaten Lebak, Banten, sejak sepekan terakhir ini naik akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan produksi di sentra sayuran menurun.
Ilustrasi pedagang sayuran./Antara-Noveradika
Ilustrasi pedagang sayuran./Antara-Noveradika

Bisnis.com, RANGKASBITUNG – Sejumlah komoditas harga sayuran di Kabupaten Lebak, Banten, sejak sepekan terakhir ini naik akibat tingginya curah hujan yang mengakibatkan produksi di sentra sayuran menurun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Dedi Rahmat di Rangkasbitung, ibu kota Lebak, pada Minggu (17/3/2019), mengatakan berdasarkan laporan petugas di lapangan harga komoditas sayuran di sejumlah pasar tradisional terjadi kenaikan, namun, kenaikan harga sayuran itu tidak signifikan karena pasokan persediaan masih ada didatangkan dari Pasar Induk Tanah Tinggi, Tangerang.

Saat ini, kata dia, harga sayuran terjadi kenaikan berkisar antara Rp471 ssampai Rp2.700/Kg. Harga bawang merah sebelumnya Rp27.714/kg,namun naik menjadi Rp28.143/kg, bawang putih semula Rp25.000/kg naik menjadi Rp27.571/kg, cabai keriting dari Rp23.266/kg naik menjadi Rp23.714/kg, cabai besar Rp24.833/kg menjadi Rp31.000/kg dan cabai rawit Rp31.999/kg menjadi Rp31.429/kg.

Sedangkan, harga kebutuhan bahan pokok hingga kini tetap bertahan tinggi, seperti jenis beras KW 1 dijual Rp10.393/kg, beras KW II Rp9.729/kg dan beras KW III Rp8.786/kg.

Harga daging sapi Rp120.000/kg, daging kerbau Rp120.000/kg dan daging ayam broiler Rp33.714/kg, gula putih Rp11.857/kg dan minyak Bimoli Rp13.000 per kemasan.

"Saya kira kenaikan sayuran itu tidak menimbulkan inflansi dan daya beli masyarakat relatif stabil," ujarnya.

Sejumlah pedagang pengecer di Pasar Rangkasbitung mengaku bahwa mereka pedagang tidak begitu panik dengan kenaikkan sejumlah harga sayuran.

Di samping itu juga pembeli relatif stabil dan tidak terjadi lonjakan permintaan pasar.

Saat ini, pasokan sayuran masih tersedia, namun harga terjadi kenaikkan akibat di sentra penghasil sayuran dilanda hujan.

"Kami yakin kenaikan bawang merah dan cabai tidak berlangsung lama,karena prediksi BMKG pada akhir Maret memasuki musim kemarau," kata Aming, seorang pedagang di Pasar Rangkasbitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler