Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Informasi Bakal Iringi Pemilu 2019

emilihan Umum 2019 akan dipenuhi perang informasi karena makin tinggi tingkat pemanfaatan perangkat media teknologi komunikasi.
Media sosial./Istimewa
Media sosial./Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA – Pemilihan Umum 2019 akan dipenuhi perang informasi karena makin tinggi tingkat pemanfaatan perangkat media teknologi komunikasi, kata pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo.

Kepada wartawan di Surabaya, Jumat (14/9/2018), dia mengatakan bahwa teknologi komunikasi menyajikan begitu banyak informasi memikat meski keakuratannya belum terbuktikan.

Menurut Suko, sapaan akrabnya, pemilih akan sulit membedakan mana informasi benar dan mana yang salah, khususnya terkait dengan maraknya berita bohong atau hoaks.

Banyaknya hoaks dan tidak tersedianya informasi akurat yang memikat pemilih, kata dia, akan mengakibatkan tingkat partisipasi pada Pemilu 2019 cenderung menurun.

Oleh karena itu, dosen FISIP Unair tersebut menyarankan politikus memanfaatkan media arus utama, baik media konvensional maupun media baru, termasuk bisa bersinergi untuk melakukan komunikasi politik maupun politik pemasarannya.

"Kunci kememangan terletak pada kecerdasan kandidat dalam mengelola komunikasi dan mengelola relasi atau hubungan dengan pemilih," ucap akademisi yang pernah menjabat sebagai "Penasihat Spiritual Presiden" Republik Mimpi pada acara program televisi swasta nasional beberapa tahun lalu tersebut.

Ia mengatakan bahwa terjadinya perang informasi tersebut merupakan hasil fokus grup diskusi "Kaukus Politik Cerdas Bermartabat" yang melibatkan sejumlah ahli sosial, ekonomi, komunikasi, dan politik di Jatim.

Sementara itu, pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura Mochtar W. Oetomo juga mencatat pemilih belum siap dengan polarisasi yang berbeda dengan sikap memilih di pilkada serentak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper