Banten Berharap Bebas Tuberkulosis mulai 2019

Pemerintah Provinsi Banten memberikan target wilayahnya bebas dari penyakit TBC (Tuberkulosis) di tahun 2019, untuk itu upaya membiasakan gaya hidup sehat terus disosialisasikan kepada masyarakat.
Rustam Agus | 14 Mei 2018 11:50 WIB
Pasien tuberkulosis (TB) - Antara

Bisnis.com, TANGERANG--Pemerintah Provinsi Banten memberikan target wilayahnya bebas dari penyakit TBC (Tuberkulosis) di tahun 2019, untuk itu upaya membiasakan gaya hidup sehat terus disosialisasikan kepada masyarakat.

"Saya pastikan di tahun 2019 tidak ada lagi kasus baru penderita TBC di Provinsi Banten," kata Gubernur Banten Wahidin Halim dalam gelaran eliminasi TBC di Rumah Sakit Umum Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Minggu.

Siaran pers yang diterima Antara, Senin menyebutkan, dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, drg Sigit Wardoyo, Pj Bupati Tangerang Komarudin, dan beberapa pejabat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan kegiatan kali ini dilakukan dalam rangka gerakan masyarakat hidup sehat di Banten. Kegiatan ini juga sebagai langkah awal pencegahan TBC di Pakuhaji khususnya, di Provinsi Banten umumnya.

Pemprov Banten, menurut Gubernur, akan menitikberatkan pada gizi masyarakat. Sehingga perlu dilakukan berbagai kegiatan pendekatan langsung kepada masyarakat, seperti Bimbingan Teknis dan sosialisasi ke masyarakat.

Untuk mencapai Banten bebas TBC, menurut Gubernur, salah satunya melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Selain itu, Pemprov sudah mengeluarkan kebijakan berobat gratis hanya dengan menggunakan KTP bagi warga yang belum menjadi anggota BPJS.

"Ini semua, agar masyarakat Banten terbebas dari penyakit," kata Gubernur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banten, tuberkulosis

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top