Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebak Menangi Kontes Kerbau Se-Banten

Peternak Kabupaten Lebak meraih juara umum pada lomba kontes ternak kerbau yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten.
Ilustrasi kerbau/pertanian.go.id
Ilustrasi kerbau/pertanian.go.id

Bisnis.com, RANGKASBITUNG - Peternak Kabupaten Lebak meraih juara umum pada lomba kontes ternak kerbau yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten.

"Kami mengapresiasi kemenangan kontes ternak kerbau tingkat provinsi itu," kata Kepala Seksi Usaha Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Siti Samsiah.

Pelaksanaan kontes ternak kerbau tingkat Provinsi Banten berlangsung pekan lalu dan dinyatakan Kabupaten Lebak meraih juara umum dengan mengalahkan dari daerah lain.

Peserta kontes ternak itu diikuti puluhan kerbau dari Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, dan Kota Cilegon.

Namun, peternak kerbau Kabupaten Lebak dinilai memiliki keunggulan, diantaranya kondisi tubuh hewan cukup bagus juga kesehatannya.

"Kami mendorong peternak terus meningkatkan kualitas ternak kerbau sehingga dapat mendongkrak produksi pangan daging juga pendapatan ekonomi masyarakat," katanya menjelaskan.

Menurut Samsiah, perlombaan ternak kerbau kategori jantan diraih juara pertama oleh Salam (50) dari Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak. Sedangkan, kategori betina diborong oleh peternak Kabupaten Lebak.

Untuk juara pertama atas nama peternak Ahyar, 55 tahun, warga Kecamatan Sajira.

Juara kedua diraih oleh Bahrudin dari Kecamatan Cikulur serta juara ketiga diraih oleh Henta, 50 tahun, Kecamatan Cikulur.

Sementara kontes kambing Raja Kasep dimenangi oleh kambing etawa dari pemilik Ade Sumardi warga Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak. "Kami berharap kemenangan lomba kontes ternak kerbau agar menjadikan andalan ekonomi masyarakat."

Samsiah mengutarakan selama ini ternak kerbau di Kabupaten Lebak mampu berswasembada sehingga bisa memenuhi permintaan luar daerah. Bahkan, permintaan Iduladha kerbau Lebak dipasok ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Cianjur.

Berdasarkan hasil sensus 2010 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah populasi kerbau tercatat 43.730 ekor tersebar di 28 kecamatan atau masuk ke lima besar tingkat nasional.

Pemerintah daerah terus mengoptimalkan inseminasi buatan (IB) guna mendukung program swasembada daging kerbau. Pelaksanaan IB bekerja sama dengan Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi, Bogor, Jawa Barat. "Kami optimistis Lebak menjadikan daerah lumbung kerbau di Provinsi Banten," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler