OJK Targetkan 5 Direksi BPD Bali Ditetapkan Semester Ini

Oleh: Ni Putu Eka Wiratmini 22 Mei 2018 | 14:30 WIB
OJK Targetkan 5 Direksi BPD Bali Ditetapkan Semester Ini
BPD Bali

Bisnis.com, DENPASAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusra menargetkan PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali pada semester I/2017 telah menetapkan kelima direksi seusai melakukan fit and proper test.

Adapun saat ini baru 3 calon direksi yang diajukan ke OJK untuk melakukan fit and proper test.

Tiga nama tersebut yakni Ida Bagus Gede Setia Yasa yang dicalonkan sebagai calon direktur operasional, Nyoman Sudarma sebagai calon direktur kredit atau non kredit, dan Wayan Sutela Negara sebagai Direktur Bank Non kredit Kepatuhan. Ketiganya telah melakukan fit and proper test, yang hasilnya dipastikan akan segera keluar.

Sementara, untuk 2 calon lainnya yang akan menempati direktur utama dan direktur kredit masih belum diajukan pihak PT BPD Bali.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali Nusra Hizbullah mengatakan BPD Bali selama ini mengalami kesulitan dalam menentukan 2 calon direksi lainnya.

Hal itu lantaran beberapa persyaratan sesuai anggaran dasar yang cukup menyulitkan BPD Bali dalam menentukan calon. Persyaratan itu seperti umur maksimal calon direksi yakni 55 tahun dan harus merupakan orang Bali.

Menurutnya, sangat sulit mencari orang Bali yang sudah cukup pengalaman untuk memimpin namun usianya tidak melebihi 55 tahun.

Kata dia, lantaran kesulitan ini, kemungkinan 2 nama yang akan dicalonkan berasal dari luar kalangan BPD Bali. Nama-nama dari Bank Umum yang merupakan orang lokal Bali kemungkinan akan dicalonkan untuk menduduki dua kursi yang kosong tersebut. Saat ini BPD di Bali sedang melakukan negosiasi untuk mencari calon dari bank lain.

“Kayaknya akan orang luar, supaya ada matching antara internal dan eksternal, dan memang diharapkan orang yang diambil dari luar agar BPD cepat maju,” katanya, Senin (21/5/2018) malam.

Hizbullah mengatakan pihaknya sudah beberapa kali mengundang pemegang saham BPD Bali untuk segera mengeluarkan nama calon. Sebab, pihaknya menarget pada Semester I/2017, kelima calon direksi BPD Bali sudah mampu ditetapkan.

Namun, melihat kondisi ini, kemungkinan baru 3 calon yang akan ditetapkan.

“Mungkin semester ini sudah harus terpenuhi kelima-limanya, targetnya itu, tetapi kalau 3 dulu sudah lumayan bisa menjalankan operasional bank, yang 2 calon sisianya juga targetnya semester ini dicalonkan,” katanya.

Sementara, Pelaksana tugas Sementara (Plts) Direktur BPD Bali Ketut Nurcahya yang sempat diwawancarai Bisnis beberapa waktu lalu mengatakan penetapan 5 calon direksi BPD Bali memang mengambil waktu yang cukup lama.

Hal itu lantaran, RUPS yang perlu persiapan matang hingga penilaian dari OJK yang juga membutuhkan waktu setidaknya hingga 1 bulan.

Dia pun berharap, setelah penilain dilakukan, hasil akan segera keluar, dan 3 nama yang lolos dan segera bisa diangkat menjadi direksi BPD Bali.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer