Banten Bidik 15,1 Juta Wisatawan

Dinas Pariwisata Banten menargetkan sekitar 15,1 juta orang wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di provinsi itu pada 2018.
Newswire | 27 Maret 2018 02:35 WIB
Pantai Tanjung Lesung di Banten - Indonesia Travel

Bisnis.com, SERANG - Dinas Pariwisata Banten menargetkan sekitar 15,1 juta orang wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di provinsi itu pada 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Banten tahun 2017-2012, pada bidang pariwisata pada 2017 lalu ditargetkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Banten sebanyak 14,7 juta orang.

Target kunjungan tersebut naik pada 2018 menjadi 15,1 juta orang dengan rata-rata lama kunjungan wisatawan tersebut 1,36 hari pada 2018.

"Targek kunjungan wisatawan itu sudah dimasukkan dalam RPJMD. Setiap tahun kita upayakan terus meningkat hingga mencapai target 19,1 juta wisatawan pada 2022 nanti," kata Eneng.

Dengan demikian, ujarnya, kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB di Banten terus meningkat dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di sekitar objek wisata di Banten.

Dalam target capaian kinerja program Dinas Pariwisata Provinsi Banten, pihaknya juga menargetkan pengembangan destinasi wisata di Banten rata-rata 20 persen setiap tahunnya, serta membangun pusat sentra ekonomi kreatif rata-rata satu titik lokasi setiap tahun, kecuali pada 2017 ditargetkan dua titik lokasi sentra ekonomi kreatif.

Sejumlah destinasi wisata di Banten yang disiapkan, kata dia, yakni ada 11 kawasan strategis parawisata Provinsi Banten yang tersebar di sejumlah daerah di antaranya di Kota Tangerang ada Sungai Cisadane dengan festival-nya, di Kabupaten Tangerang ada di wilayah Pantai Utara Tangerang dan sekitarnya.

Kemudian Kawasan Banten Lama di Kota Serang sebagai salah satu objek wisata ziara atau wisata religi, di Kota Cilegon ada Situ Rawa Arum, di Kabupaten Serang ada Pantai Anyer dan sekitarnya, di Kabupaten Pandeglang ada Pantai Carita dan Tanjung Lesung dan Ujung Kulon, serta Pantai Bagedur dan Sawarna di Kabupaten Lebak.

Selain pengembangan dan penataan destinasi wisata, kata dia, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan tersebut Dinas Pariwisata Banten juga SDM yang terlatih dalam sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif. Selain itu, meningkatkan jumlah Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di sekitar kawasan objek wisata.

"Selain destinasi wisata yang bagus dengan segala fasilitas penunjangnya, dukungan masyarkat sekitar juga sangat penting," kata Eneng.

Sumber : Antara

Tag : pariwisata
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top