Prediksi IHSG Rabu (14/3/2018): Indeks Berpotensi Menguat, Ini Rekomendasi Sahamnya

Oleh: M. Nurhadi Pratomo 13 Maret 2018 | 21:24 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat papan elektronik penunjuk Indeks Harga Saham Gabungan, di Jakarta, Selasa (27/2/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA--Indeks berpotensi menguat pada perdagangan Rabu (14/3/2018) meski diproyeksi masih bergerak cenderung terkonsolidasi.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) melemah 87,84 poin ke level 6.412,84 pada penutupan perdagangan, Selasa (13/3/2018). Laju indeks tertekan sejumlah sektor saham yang ditutup memerah.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengindikasikan indeks kembali bergerak terkonsolidasi namun berpotensi menguat setelah mengalami pelemahan. Hal tersebut berdasarkan kondisi indikator stokastik dan RSI yang berada dekat area oversold.

Dia memperkirakan IHSG akan bergerak mixed cenderung menguat pada pergerakan esok. Diperkirakan, indeks akan berada di level support 6.375 dan resistance 6.515.

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan berdasarkan indikator daily, MACD terlihat menuju ke area negatif. Akan tetapi, stokastik dan RSI sudah menunjukkan jenuh jual atau oversold.

“Dengan demikian, IHSG akan berpotensi rebound menuju ke area resistance pada level 6.476 hingga 6.540,” jelasnya.

Sementara itu, Frederik Rasali, Vice President Research Artha Sekuritas Indonesia memprediksi IHSG berpotensi menurskan pelemahan ke level support 6.353 dengan support psikologis 6.400. Indikator MACD masih menunjukkan pola tren menurun dengan stokastik hampir membentuk pola dead cross.

Vice President Research Department PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menjelaskan bahwa IHSG masih dalam progres menguji support level yang terlihat kuat. Peluang koreksi wajar masih dapat terus dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi pembelian mengingat dalam jangka menengah IHSG berada dalam jalur uptrend.

William memproyeksikan IHSG akan bergerak dengan level support 6.389 dan resistance 6.578.

Di sisi lain, Indosurya Bersinar Sekuritas merekomendasikan saham ASII, AKRA, ASRI, SRIL, ICBP, HMSP, TLKM, BBNI, dan BJTM untuk perdagangan hari ini.

Sementara itu, Binaartha Sekuritas merekomendasikan saham BNGA, ICBP, SILO, SMBR, UNVR, dan WTON.

Adapun, rekomendasi saham dari Reliance Sekuritas Indonesia yakni BBRI, BMRI, SMCB, HRUM, dan UNVR.

Editor: Ana Noviani

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer