Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pompa Air Tak Menjamin Jakarta Bebas Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta untuk tidak hanya mengandalkan pompa-pompa (polder) untuk membuang air yang menggenangi atau membanjiri suatu wilayah di ibu kota.
Genangan air di suatu ruas jalan di Jakarta. Ilustrasi/sdm dan parung.  Tdak Enak Bada, hujan di Jl DI Panjaitan arah Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017)./TMCPoldaMetro
Genangan air di suatu ruas jalan di Jakarta. Ilustrasi/sdm dan parung. Tdak Enak Bada, hujan di Jl DI Panjaitan arah Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017)./TMCPoldaMetro

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diminta untuk tidak hanya mengandalkan pompa-pompa (polder) untuk membuang air yang menggenangi atau membanjiri suatu wilayah di ibu kota.

Pimpinan Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta Ubaidillah mengatakan jika Jakarta masih banjir, kemungkinan karena poldernya masih belum bisa menjadi solusi atasi banjir yang terjadi.

“Secara teknis, Pemprov DKI kurang siap siaga atasi banjir untuk mengontrol, mengendalikan pompa-pompa yang menjadi andalannya,” ujarnya, Senin (12/2/2018).

Menurut Ubaidillah, ada tiga faktor penyebab banjir di wilayah Jakarta, yaitu banjir kiriman dari Bogor, pasang air laut, serta hujan lokal yang cenderung sering terjadi. Ketika air kiriman atau hujan lokal terjadi, sedangkan pompa tidak berjalan atau bermasalah, maka Jakarta dapat berpotensi banjir dan lumpuh.

Untuk itu, lanjutnya, Pemprov DKI Jakarta diminta untuk tidak hanya bergantung pada pompa-pompa air. Ke depannya, Pemprov DKI Jakarta harus bisa mempertahankan lahan yang tersisa dan berfungsi secara ekologis.

Jika memungkinkan, lahan yang sudah ditukar guling harus dibeli kembali atau dibebaskan. 

“Selain itu, drainase atau saluran mikro, sedang, dan besar, serta sungai dan kanal harus bebas dari sampah dan limbah,” tambah Ubaidillah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper