GEMPA BUMI BANTEN: Relawan Baznas Bantu Korban di Lebak

Oleh: Nurudin Abdullah 25 Januari 2018 | 18:45 WIB
GEMPA BUMI BANTEN: Relawan Baznas Bantu Korban di Lebak
Tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) bantu perbaikan rumah warga korban gempa bumi di Kampung Pojok Asem RT.02/RW.09, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Kamis (25/1/2018)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tim relawan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) masih bekerja membantu warga di wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang menjadi korban gempa bumi 6,1 SR pada Selasa (23/1/2018) pukul 13.24 WIB.

Direktur Baznas Tanggap Bencana (BTB) Pusat, Ahmad Fikri,  mengatakan pihaknya langsung mengerahkan tim respon bencana ke lokasi, sejak beberapa jam setelah gempa bumi terjadi, hingga hari ini, Kamis (25/1/2018) masih di sana.

“Kami mengirimkan tim respon bencana dan tim kesehatan untuk merespon kejadian gempa tersebut. Sampai hari ini, mereka masih berada di sana membantu warga,” katanya, Kamis (25/1/2018)

Menurutnya, tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) langsung diberangkatkan untuk melakukan kaji cepat pasca kejadian gempa bumi, menyebar ke sebanyak 18 dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak yang terdampak gempa bumi tersebut.

Berdasarkan hasil kajian tim BTB, lanjutnya, daerah yang terdampak cukup parah berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, dengan korban sebanyak 118 unit rumah mengalami rusak ringan dan 24 unit rumah kondisinya rusak parah,

Selanjutnya di Kecamatan Cilograng sebanyak 107 unit rumah mengalami rusak ringan dan 42 unit rusak berat, serta di Kecamatan Pangarangan 75 unit rumah rusak ringan dan 25 unit rumah mengalami rusak sedang.

“Sampai saat ini, Kamis (25/1/2018) tim BTB masih berada di lokasi bencana untuk melakukan verifikasi data, bersih desa, pelayanan kesehatan dan pendistribusian bantuan,” ujarnya.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer