Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Tipe Kecil dan Menengah di Banten Tumbuh Signifikan

Setelah anjlok di triwulan III tahun 2017, pasar perumahan di wilayah Banten pada triwulan IV tahun 2017 memerlihatkan peningkatan signifikan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah anjlok di triwulan III tahun 2017, pasar perumahan di wilayah Banten pada triwulan IV tahun 2017 memerlihatkan peningkatan signifikan.

Hal ini sekaligus menjadi indikator siklus pasar perumahan selama semester I yang terus memperlihatkan tren positif.

Berdasarkan riset Indonesia Property Watch, nilai penjualan perumahan wilayah Banten mengalami peningkatan tajam sebesar 79,0% dengan total nilai penjualan Rp 530.247.973.428.

Pertumbuhan tinggi juga diperlihatkan berdasarkan jumlah unit terjual yang naik lebih tinggi lagi yaitu 124,6%.

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan meskipun terjadi penurunan nilai penjualan rumah di wilayah Cilegon sebesar 16,5%, kenaikan nilai penjualan rumah secara signifikan terjadi di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya hingga 101,2%.

Peningkatan penjualan juga terjadi di sebagian besar perumahan di wilayah Serang yang memberikan kenaikan penjualan 9,6% di wilayah ini.

"Peningkatan ini didominasi segmen tipe kecil dan menengah, masing-masing bertumbuh sebesar 159,9% dan 139,8%. Sedangkan nilai penjualan rumah tipe besar mengalami penurunan 45,1% dibandingkan triwulan sebelumnya, "kata Ali, Selasa (16/1/2018).

Pergerakan pasar perumahan di wilayah Banten memberikan kecenderungan pergeseran ke pasar perumahan di segmen harga Rp150 – 500 jutaan yang mendominasi penjualan rumah sebesar 58,7%.

Selanjutnya, diikuti segmentasi harga di bawah Rp 150 jutaan sebesar 22,0%, dan segmen harga Rp 500 juta – 1 miliaran sebesar 16,7%. Selebihnya merupakan pasar perumahan di atas Rp 1 miliaran.

Optimisme pun terlihat dari para pengembang yang kembali aktif memasarkan proyeknya serta meluncurkan cluster-cluster baru. Tercatat peningkatan penjualan cukup tinggi terjadi di perumahan Citra Maja Raya yang agresif mengembangkan proyeknya.

Proyek ini menjadi salah satu benchmark penting pertumbuhan wilayah Maja selain Citra Raya di Cikupa.

Sementara itu arah perkembangan pasar perumahan di Kabupaten Tangerang lainnya mulai bergerak ke Mauk, Rajeg, dan Sepatan yang memerlihatkan peningkatan permintaan rumah tipe menengah sampai bawah.

Sedangkan untuk segmen besar, BSD City masih menjadi market leader.

Beberapa rencana proyek infrastruktur seperti jalan tol Serang-Panimbang, tol Serpong-Balaraja, tol Kunciran-Serpong, dan tol Serpong-Cinere harusnya dapat menjadi referensi para pelaku pasar dalam membaca arah pergerakan pasar.

Belum lagi adanya rencana mass rapid transit (MRT) Serpong-Tangerang - Rawa Buntu yang dilanjutkan sampai ke bandara Soekarno-Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper