Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Padi di Bali Didorong Gunakan Varietas Unggul

Petani di Bali didorong menanam padi varietas unggul karena secara massal akan dapat meningkatkan produktivitas secara nyata.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, DENPASAR — Petani di Bali didorong menanam padi varietas unggul karena secara massal akan dapat meningkatkan produktivitas secara nyata.

Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Bali Ida Bagus Wisnuardhana ketersediaan pangan yang cukup dengan kualitas yang aman wajib tersedia sebagai pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, baik itu ketersediaan, distribusi maupun aksesibilitasnya.

“Untuk mengatasi stagnannya produktivitas padi  digunakan  varietas potensi tinggi baik padi unggulan hasil penelitian dari Litbang pertanian maupun litbang swasta,” tuturnya, Sabtu (6/1/218).

Wisnu memaparkan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk peningkatan penggunaan padi unggul potensi tinggi adalah dengan cara mendeseminasikan, mengedukasi serta menggugah minat masyarakat untuk mengganti varietas padi dari padi unggul potensi sedang menjadi padi unggul potensi tinggi. Caranya, kata dia, melalui demplot percontohan yang dilaksanakan langsung di lapangan.

Wismu menegaskan untuk menjaga agar Bali tetap dapat berswasembada pangan khususnya beras, peningkatan produktivitasnya dapat melalui penerapan teknologi spesifik lokasi seperti perbaikan kesuburan tanah dengan pupuk organik dan pengapuran.

Selain itu, sistem tanam jajar legowo, sistem of rice Intensification (SRI), pengendalian organisme pengganggu tumbuhan serta penggunaan alat panen bermesin untuk menekan loses dan kelangkaan tenaga kerja di sektor pertanian.

Plt Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Kabupaten Gianyar sebagai percontohan budidaya padi sawah M400.

Dia berharap hal ini dapat memberi kontribusi positif dalam percepatan peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Gianyar khususnya dan Provinsi Bali pada umumnya.

Ditambahkannya  kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi gabah, dengan penggunaan sarana produksi yang efisien sehingga pendapatan petani meningkat.

Di samping itu kegiatan ini juga untuk menunjukkan sinergi yang baik antara kelompok petani, pemodal, peneliti, dan penyuluh dalam upaya meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

Di akhir acara dilaksanakan panen padi unggul varietas m400 yang telah mulai ditanam pada tanggal 30 September 2017 di atas lahan pertanian seluas satu hektar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper