Dukung Pariwisata Banten, Proyek Infrastruktur Dipacu

Oleh: M. Richard 22 Desember 2017 | 01:25 WIB
Stasiun Rangkasbitung di Lebak, Banten/Lebakkab.go.id

Bisnis.com, SERANG - Pemerintah berencana mempercepat pembangunan tol Serang-Tanjung Lesung sebagai pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengungkapkan pemerintah sepakat dengan otoritas moneter akan mempercepat pemabangunan infrastruktur yang mendukung tumbuhnya sektor ekonomi potensial di Banten.

"Beberapa proyek yang menjadi prioritas di Banten antara lain adalah Jalan Tol Serang-Panimbang untuk mendukung KEK Tanjung Lesung," ujarnya di Serang pada Kamis (21/12/2017).

Berdasarkan catatan Bisnis.com, KEK Tanjung Lesung adalah salah satu dari 37 proyek yang telah beroperasi sebagian.

Di samping itu, BI dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sepakat akan membangun pelabuhan wisata, meningkatkan konektivitas jalan di Banten bagian selatan, memperluas ruas jalan Bayah-Cibarenok dan Cibaliung-Sumur, dan mengembangankan kota-kota baru di Banten.

Rosmaya menambahkan dengan reaktifasi jalur kereta Rangkasbitung-Labuan dan Saketi-Bayah akan berpotensi mempercepat pengembangan pariwisata, industri, dan pertanian di Banten.

"Kementrian Pariwisata sudah bilang mereka sudah punya program. Tapi jangan lupa infrastruktur menuju tempatnya harus diperbaiki, jadi dalam jangka pendek kita itu harus memperbaiki jalan-jalan, kereta api yang sudah ada kita rapikan, supaya daerah-daerah wisata bisa dicapai oleh semua [orang]," paparnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung berkembangnya maritim nasional dan memanfaatkan posisi Banten yang strategis dalam Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), Pemerintah berencana membangun fasilitas pelengkap lalu lintas laut.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer