Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Banten Minta Komitmen Pelayanan Dasar Kesehatan

Gubernur Banten Wahidin Halim mengumpulkan seluruh jajaran manajemen rumah sakit se-Banten, baik milik pemerintah maupun swasta.
Ilustrasi layanan kesehatan
Ilustrasi layanan kesehatan

Bisnis.com, TANGERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim mengumpulkan seluruh jajaran manajemen rumah sakit se-Banten, baik milik pemerintah maupun swasta.

Dalam pertemuan yang digelar di Rumah Sakit Siloam di Tangerang, Wahidin meminta komitmen jajaran manajemen rumah sakit dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan bagi masyarakat Banten yang masih dirasa kurang.

"Pemerintah merasa berkepentingan membangun kemitraan dengan rumah sakit untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi rakyat," kata Wahidin.

Saat ini, lanjut Gubernur, berbagai kendala dalam proses administrasi penerimaan pasien pengguna kartu sehat dan BPJS menjadi bahasan utama, serta masih adanya rumah sakit yang menolak pasien tidak mampu dengan berbagai alasan.

Maka itu, dia mengajak seluruh komponen rumah sakit bersama-sama mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

"Ke depan kita harus mulai berbagi tugas, masyarakat yang tercover oleh BPJS harus dilayani dengan baik. Tetapi masih ada rakyat yang dipinggiran daerah, bahkan di kota masih ada yang belum terlayani dan belum mampu ikut BPJS, itu akan kita bantu," ucapnya.

Wahidin menambahkan pelayanan kesehatan masyarakat menjadi hal yang mutlak harus diberikan. Ia mengharapkan tidak ada lagi rumah sakit swasta maupun pemerintah menolak warganya. "Kalau ada orang Banten sakit segera fasilitasi, jangan ditolak. Saya akan mati-matian bela warga saya."

Gubernur juga mengakui saat ini di Provinsi Banten masih kekurangan tenaga medis terutama untuk ditugaskan di wilayah Banten bagian selatan.

Pemprov Banten, kata dia, pada 2018 akan membangun rumah sakit jiwa dan tempat rehabilitasi narkoba di Kabupaten Serang.

"Problemnya sekarang kita kekurangan tenaga dokter, apalagi dokter spesialis.  Kita sudah merintis Prodi Fakultas Kedokteran di Untirta, namun kita tinggal kekurangan tenaga pengajar. Tahun 2018 nanti kita bantu anggaranya, ini salah satu cara kita menangani persoalan kesehatan," katanya.

Dalam pertemuan tersebut juga hadir jajaran pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Banten, Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS), Persatuan Rumah Sakit Swasta, serta pengelola klinik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Sigit Wardojo mengatakan silaturahmi jajaran manajemen rumah sakit bersama Gubernur Banten, dalam rangka meningkatkan komunikasi dan koordinasi dalam memperbaiki pelayanan kesehatan di Banten.

"Forum ini digagas oleh Pak Gubernur, beliau ingin tahu ganjalan atau masalah yang dihadapi dalam pelayanan kesehatan dan dicarikan solusi yang terbaik. Ini kesempatan kita untuk berdialog," kata Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler