Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jadwal Penerapan Pembayaran Nontunai di Gerbang Tol Jakarta-Cikampek

Mulai 17 September 2017, PT Jasa Marga Tbk. Cabang Jakarta-Cikampek secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi nontunai diseluruh gerbang rol di jalan tol Jakarta-Cikampek.
Petugas menawarkan kartu elektronik uang (e-toll) pada pengguna kendaraan roda empat yang melintas di Gerbang Tol Tandes Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/9)./ANTARA-M Risyal Hidayat
Petugas menawarkan kartu elektronik uang (e-toll) pada pengguna kendaraan roda empat yang melintas di Gerbang Tol Tandes Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/9)./ANTARA-M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Mulai 17 September 2017, PT Jasa Marga Tbk. Cabang Jakarta-Cikampek secara bertahap akan mengubah metode pembayaran transaksi tunai menjadi nontunai diseluruh gerbang rol di jalan tol Jakarta-Cikampek.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk. (JSMR) Dwimawan Heru menyatakan, perubahan metode pembayaran transaksi ini merupakan bentuk dukungan Jasa Marga untuk program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) dalam menerapkan target 100% pembayaran nontunai di seluruh jalan tol pada 31 Oktober 2017.

"Penggunaan uang elektronik di gerbang tol akan mempersingkat waktu transaksi pengguna jalan karena lebih mudah dan praktis. Jika dibandingkan dengan transaksi dengan menggunakan uang tunai, penggunaan uang eletronik ini akan memangkas separuh waktu transaksi lebih cepat," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (19/9/2017).

Secara umum, JSMR membagi dua periode perubahan metode pembayaran transaksi yang dimulai sejak September hingga akhir Oktober 2017.

Berikut merupakan jadwal penerapan 100% pembayaran nontunai di jalan tol Jakarta-Cikampek :

Periode I: September 2017

  • 17 September 2017 : GT Pondok Gede Timur 2 (Arah Jakarta) dan GT Tambun (Arah Jakarta).
  • 24 September 2017 : GT Pondok Gede Barat 2 (Arah Jakarta), GT Bekasi Barat 2, dan GT Bekasi Timur 2.

Periode II : Oktober 2017

  • 5 Oktober 2017 : GT Pondok Gede Barat 1 (dari arah Jakarta), GT Pondok Gede Timur 1 (dari arah Jakarta), GT Cikunir 1, GT Cikunir 3, GT Bekasi Barat 1, GT Bekasi Barat Satelit, dan GT Bekasi Timur 1.
  • 10 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Cikampek.
  • 12 Oktober 2017 : GT Tambun (dari arah Jakarta), GT Cibitung 1, GT Cibitung 2
  • 14 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Kalihurip 1 dan GT Kalihurip 2.
  • 17 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Cibatu.
  • 18 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Cikarang Timur.
  • 24 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Karawang Timur 1.
  • 26 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Karawang Timur 2.
  • 29 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Cikarang Utama, GT Karawang Barat 1, dan GT Karawang Barat 2.
  • 29 Oktober 2017 : GT Cikarang Barat 1, GT Cikarang Barat 3, GT Cikarang Barat 4, dan GT Cikarang Barat 5.
  • 30 Oktober 2017 : Gardu masuk-GT Cikampek, GT Kalihurip 1, GT Kalihurip 2, GT Cibatu, GT Cikarang Timur, GT Karawang Timur 1, GT Karawang Timur 2, GT Cikarang Utama, GT Karawang Barat 1, GT Cikarang Barat 2 dan GT Karawang Barat 2.

Hingga saat ini, uang elektronik yang dapat digunakan di jalan tol Jakarta-Cikampek adalah e-Toll dan e-Money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI) serta TapCash (BNI) yang berlaku di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek. Sementara itu, untuk Flazz (BCA) hanya berlaku pada transaksi dengan sistem tertutup, yaitu dimulai dari GT Cikarang Utama menuju Cileunyi dan Cikampek serta sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper