Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggota DPR Desak Menaker Panggil Manajemen Koran Sindo Atas PHK Sepihak

Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Nasdem Irma Suryani Chaniago mendesak Menteri Tenaga Kerja M. Hanif Dhakiri memanggil manajemen Koran Sindo terkait Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak
Koran Sindo/Istimewa
Koran Sindo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Nasdem Irma Suryani Chaniago mendesak Menteri Tenaga Kerja M. Hanif Dhakiri memanggil manajemen Koran Sindo terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak.

Menurutnya, PHK tersebut semena-mena tanpa etika dan rasa hormat sedikitpun atas jasa dan kerja keras para pekerja. Apalagi, PHK dilakukan saat pekerja akan menghadapi Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriah.

"Tidak ada penghormatan sedikitpun dari MGM Sindo pada pekerja yang akan merayakan hari kemenangan umat Islam ini, padahal menjelang Idulfitri, harusnya mereka menerima THR atau bonus, tetapi sebaiknya justru yang mereka terima surat PHK sepihak tanpa alasan jelas," tegas Irma di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Atas hal tersebut, Irma berjanji akan memfasilitasi perwakilan pekerja Sindo untuk dapat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR segera di awal masa sidang Agustus tahun Ini.

Irma juga mengingatkan agar Kementerian Ketenagakerjaan tidak hanya sekadar membantu pekerja untuk memperoleh hak-haknya melalui pengadilan industrial, namun juga memberi teguran keras dan sanksi administrasi pada perusahaan yang tidak taat hukum.

"Karena peristiwa ini akan menjadi preseden buruk terhadap hubungan kerja yang saling menghormati antara pengusaha dan pekerja," tukas Irma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper