Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati, Prajurit TNI Jangan Berpolitik

Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengingatkan agar prajurit TNI jangan sekali-kali ikut dalam dunia politik, namun perlu mengetahui ilmu politik.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Antara-M Agung Rajasa
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri/Antara-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA -  Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengingatkan agar prajurit TNI jangan sekali-kali ikut dalam dunia politik, namun perlu mengetahui ilmu politik.

"Kalian boleh mempunyai pengetahuan politik, tetapi tidak boleh berpolitik. Beda lho. Jangan salah lho. Saya selalu ditanya, bolehkan militer itu berpolitik, kepolisian berpolitik. Tidak boleh," kata Megawati saat memberikan pembekalan kepada 437 calon perwira TNI di aula Gatot Subroto, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (21/7/2017).

Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) ini menegaskan, TNI maupun kepolisian tidak boleh berpolitik karena sudah bersifat eksklusif, sudah diberi senjata oleh negara untuk menjalankan fungsi dan perannya dalam menjaga pertahanan negara.

"TNI diharuskan memiliki pengetahuan politik karena tantangan dan ancaman terhadap keutuhan NKRI saat ini bukan hanya dari luar, tetapi juga dari dalam negeri itu sendiri," tutur Megawati.

Tantangan yang dihadapi sekarang ini tidak hanya radikalisme dan terorisme, serta potensi disintegrasi yang terus dicoba meski gagal karena solidnya TNI, ucapnya.

Belum lagi adanya ancaman perang teknologi, perang mata uang dan perang yang menggunakan narkoba untuk melemahkan daya juang bangsa kini juga telah hadir.

"Kita juga melihat perang ideologi masih terus terjadi untuk menggantikan Pancasila," ucap Megawati.

TNI-Polri bekerja sama Dalam kesempatan itu, Megawati menyampaikan bahwa TNI dan Polri meskipun fungsi dan tugasnya berbeda, mereka harus selalu bekerja sama, bahu membahu, saling bergotong royong dalam rangka pengayoman, dan perlindungan bagi warga bangsa, guna memastikan terciptanya rasa aman dan ketenteraman masyarakat.

"Itulah sebabnya TNI baru turun ke lapangan kalau negara dalam darurat bahaya/ darurat sipil. Sementara Polri sesuai perannya dalam keamanan dalam negeri. Tetapi, tentu saja tidak mungkin konsep pertahanan dan keamanan suatu negara terlepas dari politik negara, yang merupakan integrasi dari politik dalam dan luar negeri," tutur Megawati.

Berdasarkan hal tersebut, maka Presiden memegang tanggung jawab tertinggi terkait Pertahanan, sehingga ditegaskan dalam konstitusi bahwa Presiden merupakan pemegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

"Saya juga ingin menyampaikan pesan kepada anak-anakku para Taruna dan Taruni, Calon Perwira Remaja, di mana pun kalian ditempatkan kelak. Tetaplah merawat dan menggelorakan semangat juang yang tinggi. Tanamkan dalam jiwa dan pikiranmu kesetiaan hanya kepada bangsa dan negara. Tempa dirimu, jangan lekas puas, terus belajar menggali ilmu. Tetaplah bersama rakyat, menyatulah dalam kekuatan rakyat. Di situlah sesungguhnya kekuatan kalian untuk menjadi Prajurit TNI akan kalian temukan, karena Rakyat adalah Sumbermu," ucap Megawati.

"Selamat kepada Taruna dan Taruni Calon Perwira Remaja. Saya bangga kepada kalian. Anak-anakku, doaku akan menemani kalian dalam menggoreskan pengabdian kepada Rakyat, Bangsa dan Negara. Selamat Belajar. Selamat Berjuang! Kita perkuat gotong royong nasional kita untuk Indonesia raya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper