Arus Balik Lebaran, Ruas Jalan di Lebak Mulai Padat

Oleh: JIBI 29 Juni 2017 | 13:05 WIB
Ilustrasi-Pemudik motor/Antara-Asep Fathulrahman

Bisnis.com, LEBAK—Ruas jalan di Kabupaten Lebak terus dipadati kendaraan arus balik menuju ke berbagai daerah, seperti Tangerang, Jakarta, dan Bogor.

Dari pantauan, Kamis (29/6/20&), arus balik yang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat memadati ruas jalan Kabupaten Lebak setelah pemudik berlebaran di kampung halaman di Kabupaten Lebak, Pandeglang, dan Serang.

Ruas jalan yang padat itu antara lain Jalan Rangkasbitung-Pandeglang-Baypass Soekarno Hatta-Rangkasbitung-Citeras dan Rangkasbitung-Bogor Raya.

Kebanyakan pemudik arus balik itu menggunakan kendaraan roda dua dan bekerja di wilayah Tangerang. Jali (40 tahun) misalnya yang saat ditemui tengah beristirahat dalam perjalanan dari Kecamatan Malingping menuju Tangerang. "Kami pulang hari ini bersama istri dan anak karena ingin bersilatuhrahmi dengan tetangga juga membersihkan rumah setelah ditinggal mudik selama satu pekan di kampung halaman," kata Jali (40) warga Tangerang yang mengendarai sepeda motor dan rehat di SPBU Ciawi Rangkasbitung.

Jali bertolak dari Malingping pada pukul 07.00 pagi. Perjalanan Malingping-Rangkasbitung ditempuh selama 4 jam. Jali masih harus berkendara selama 2 jam lagi menuju Tangerang.

Selain Jali, ada juga Memed (25 tahun) warga Labuan, Kabupaten Pandeglang yang beristirahat di warung Jalan Baypass Rangkasbitung seraya minum kopi setelah menempuh perjalanan 3 jam dengan menggunakan sepeda motor. Memed, yang sehari-hari bekerja di bengkel mobil, ini akan kembali ke Jakarta.

Sementara itu, Kepala Posko Pengamanan Mandala Dadang mengatakan saat ini arus balik yang melintasi jalan di Kabupaten Lebak meningkat dibandingkan H+3 lebaran atau Rabu (28/6). Akibatnya, kemacetan terjadi sejumlah perempatan lampu merah, seperti lampu merah Malangnegah, Sumurbuang, dan Mandala.

Namun, kendaraan arus balik itu dapat diurai sehingga tidak terjadi antrean kendaraan. "Kami menyebar petugas pengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan sehingga tidak menimbulkan antrean panjang," kata Dadang.

Editor: Ratna Ariyanti

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer