Mentan Jamin Harga & Pasokan Bahan Pokok Stabil

Oleh: Rio Sandy Pradana 12 Mei 2017 | 14:41 WIB
Mentan Jamin Harga & Pasokan Bahan Pokok Stabil
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melakukan tanam padi dan jagung didampingi Dirjen Hortikultura Kementan Spudnik Sujono dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian mengklaim harga dan pasokan sejumlah bahan pokok menjelang Lebaran terkendali dan stabil.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan harga bawang putih sebesar Rp23.000 per kg, sedangkan bawang merah memang tidak ada masalah. Di sisi lain harga beras juga dipastikan stabil karena stok yang dimiliki Bulog mencapai 2 juta ton.

"Sekarang terbilang tenang, [stok] berasnya banyak, bawang putih, dan cabai aman," kata Amran di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (12/5/2017).

Dia menambahkan harga maksimal yang menjadi kesepakatan nasional adalah Rp38.000 per kg untuk bawang putih. Terlebih, saat ini kran impor komoditas tersebut telah dibuka dan dibebaskan, sehingga tidak ada alasan mengalami lonjakan harga.

Pihaknya akan kembali melakukan pengecekan harga di beberapa pasar tradisional guna mencegah adanya spekulan. Selain itu, kementerian juga akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan satuan tugas (satgas) pangan.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, Amran menyebut harga cabai rawit merah di tingkat petani daerah mencapai Rp4.000 per kg, sedangkan bawang merah di Temanggung sebesar Rp8.000 per kg di Bima mencapai Rp11.000 per kg.

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer