Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mongolian Culture Center Dibuka di Tanjung Lesung

Setelah penghujung tahun lalu, PT Banten Tourism Development Corporation dan Kedutaan Besar Mongolia memulai proyek Mongolian Cultural Center, hari ini tempat tersebut resmi dibuka di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Minggu (23/4).
Ulanbaatar, Mongolia/Reuters
Ulanbaatar, Mongolia/Reuters

Bisnis.com, BANTEN—Setelah penghujung tahun lalu, PT Banten Tourism Development Corporation dan Kedutaan Besar Mongolia memulai proyek Mongolian Cultural Center, hari ini tempat tersebut resmi dibuka di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Minggu (23/4).

Dibangun di atas lahan seluas satu hektar, Mongolian Cultural Center ini didesain langsung oleh arsitek asal Mongol, Batmunkh Oyunbat. Secara konsep, pusat kebudayaan ini juga dirancang oleh Duta Besar Mongolia di Indonesia, Madam Battsetseg Shagdar.

Konsep ini sengaja diserahkan kepada orang-orang asli Mongolia agar tingkat kualitas dan otentisitas bangunannya dapat terjaga. Sehingga para pengunjung dapat merasakan kehidupan Mongolia yang sebenarnya. Demikian halnya dengan material yang digunakan untuk membuat tenda khas Mongol (GER), semuanya berasal dari Mongolia. Selain dapat merasakan sensasi bermukim di Mongolia, pengunjung juga bisa mnikmati dan mempelajari ragam kebudayaan unik dan menarik. Diantaranya berkuda, memanah, bermain ankle bones game hingga mencicipi kuliner khas Mongolia.

Pendirian Mongolian Cultural Center ini awalnya diprakarsai oleh Chairman Jababeka Group, S.D Darmono yang tak lain merupakan utusan kebudayaan Mongolia di Indonesia sejak Januari 2016. Darmono berkolaborasi dengan kedutaan Mongolia di Indonesia untuk mendirikan pusat kebudayaan ini. “Hari ini menjadi momentum sangat penting untuk mempromosikan Indonesia lewat adanya pusat kebudayaan ini.

Dengan mempromosikan keberadaan Mongolian Cultural Center ini akan memberikan dampak besar kepada Indonesia,” kata Darmono. Selain itu, Darmono juga meyankinkan jika kehadiran Mongolian Cultural Center ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Tanjung Lesung yang telah ditetapkan sebagai KEK.

Senada dengan Darmono, Madam Battsetseg Shagdar juga berharap dengan kehadiran pusat kebudayaan ini bisa mengundang banyak wisatawan ke Indonesia maupun ke Mongolia. Mengingat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mongolia masih sangat sedikit. Tak hanya itu, Madam Battsetseg Shagdar juga mengatakan, jika ini merupakan sebuah upaya untuk mempererat jalinan kerja sama antara Indonesia dan Mongolia yang baru tiga tahun memiliki kedutaan besar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler