Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bahan Pokok, Berikut Hasil Pantauan SP2KP (17 April)

Pergerakan harga sejumlah bahan pokok relatif stabil meski masih di atas harga yang telah ditetapkan pemerintah
Gula./.
Gula./.

Bisnis.com, JAKARTA- Pergerakan harga sejumlah bahan pokok relatif stabil meski masih di atas harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP), Senin (17/4/2017), rata-rata harga gula pasir secara nasional di pasar rakyat adalah Rp13.600 per kilogram. Harga tersebut sedikit lebih rendah dari posisi sebulan sebelumnya yang sebesar Rp13.700 per kilogram. Namun, masih lebih tinggi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah yaitu Rp12.500 per kilogram.

Harga minyak goreng curah juga masih berada di kisaran Rp11.300 per liter, sedangkan harga yang ditetapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) adalah Rp10.500 per liter untuk di pasar rakyat.

Tetapi, komoditas pangan lain seperti cabai merah besar dan bawang merah kembali menunjukkan penurunan. Cabai merah besar rata-rata dijual di harga Rp30.300 per kilogram, lebih murah dari sebulan sebelumnya yang masih Rp31.700 per kilogram.

Adapun bawang merah turun dari Rp37.100 per kilogram menjadi Rp33.100 per kilogram.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita sebelumnya telah meminta Bulog untuk menyerap bawang di petani karena harganya turun terlalu jauh. Di Temanggung, Jawa Tengah misalnya, harga bawang di tingkat petani disebut hanya Rp8.000 per kilogram.

Dia mengklaim Bulog dan Kemendag telah menyiapkan persediaan 2.000 ton bawang merah dan 1.000 ton bawang putih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper