Kota Tangerang Raih Piala Adipura

Oleh: Amanda Kusumawardhani 23 Juli 2016 | 02:08 WIB
Kota Tangerang Raih Piala Adipura
Wali kota Tangerang Arief Wismansyah1/tangerangkota.go.id

Bisnis.com, TANGERANG—Kota Tangerang kembali meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Metropolitan pada tahun ini.

Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, Jum'at (22/7) di Kabupaten Siak kepada Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Adipura Kirana adalah bentuk penghargaan kepada kota-kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi berbasis lingkungan hidup.

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis, Kalla mengatakan beragam program yang berhubungan dengan lingkungan hidup harus mampu tercipta di setiap daerah, khususnya dalam pembentukan kawasan-kawasan hijau dan liveable.

"Ke depan segala bentuk program lingkungan hidup diharapkan mampu melahirkan sebuah kawasan-kawasan yang hijau dan liveable sehingga masyarakat bisa menikmati dampak dari program-program tersebut," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Arief menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak terutama para petugas kebersihan yang telah bekerja siang dan malam untuk menjaga kebersihan Kota Tangerang, selain tentunya masyarakat Kota Tangerang.

"Tahun ini, atas kerja sama seluruh warga, Tangerang kembali meraih Piala Adipura tahun 2016,”ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, proses penilaian Piala Adipura dilakukan sejak 2015,dengan dua tahapan yakni fisik  dan nonfisik. Adapun, penilaian fisik meliputi rumah sakit, pemukiman, sekolah, pasar, terminal, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan sungai sedangkan penilaian nonfisik berupa presentasi.

Selain mendapatkan penghargaan Adipura Kirana, Kota Tangerang juga memborong dua penghargaan lainnya yakni Adiwiyata Mandiri yang diraih oleh SMAN 4 Kota Tangerang, SDI Al Ikhlas Cipondoh, dan SDN 1 dan 3 Tanah Tinggi, serta Plakat Terminal Terbaik Nasional yang diraih oleh Terminal Poris Plawad. (Amanda Kusuma Wardhani)

Editor: Andhika Anggoro Wening

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer