Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepanjang Ramadan, Warga Banten Bisa Urus Sertifikat Tanah di Mall

Sepanjang bulan suci Ramadhan, warga Banten dan sekitarnya dapat menghabiskan waktu akhir pekan untuk mengurus sertifikat sambil menunggu waktu berbuka di AEON Mall BSD City Tangerang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sepanjang bulan suci Ramadhan, warga Banten dan sekitarnya dapat menghabiskan waktu akhir pekan untuk mengurus sertifikat sambil menunggu waktu berbuka di AEON Mall BSD City Tangerang.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang Sudaryanto mengatakan 7 Kantor Pertanahan Wilayah Banten Raya akan membuka Ngabuburit Service setiap Sabtu dan Minggu sepanjang bulan Juni 2016.

"Ini wujud lain dari Layanan Sabtu Minggu, jika biasanya dibuka di kantor pagi hari, pada bulan puasa kami layanan di malL. Masyarakat bisa mengurus sertifikat sambil ngabuburit di mal," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (12/6/2016).

Ketujuh kantor pertanahan yang berpartisipasi antara lain Kantor Pertanahan Kota tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Ngabuburit Service akan dibuka pada pukul 14.00 hingga 17.00 dan berlokasi di areal luar dekat lobi Utama AEON Mal BSD.

Sudaryanto menjelaskan Selain membuka layanan informasi dah konsultasi, juga dibuka 4 jenis layanan yakni peningkatan hak dari Hak Guna Bangunan (HGB) ke Hak Milik untuk jenis Rumah Sangat Sederhana, Penghapusan Hak Tanggungan / Roya, Pengecekan Sertifikat Hak atas tanah dan Pembuatan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT).

Dia menututkan layanan yang tersedia memang dikhususkan untuk layanan yang tidak membutuhkan proses panjang dan akan selesai pada hari yang sama (one day service).

"Sekitar 5 orang petugas akan siap melayani masyarakat di lokasi, dibantu 2-3 staf yang berjaga di Kantor Pertanahan untuk proses cross cek arsip buku pertanahan menggunakan video conference," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler