Pemkot Tangerang Harapkan Pemprov Banten Fokus Isu Perkotaan

Oleh: Amanda Kusumawardhani 09 April 2016 | 12:15 WIB
Ilustrasi/ANTARA

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang mengharapkan agar Pemerintah Provinsi Banten mengedepankan kepentingan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan.

"Sekarang kita mengharapkan agar semua program yang akan dilaksanakan oleh provinsi bisa berbasis pemenuhan kebutuhan masyarakat di masing-masing kota dan kabupaten di Banten," kata Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah di Tangerang, Sabtu (9/4/2016).

Dirinya mencontohkan persoalan kemacetan di kotanya sebagai akibat dari mobilisasi masyarakat di sekitar Kota Tangerang ke DKI Jakarta. Tak hanya itu, persoalan banjir terutama di Prouk juga menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak.

“Persoalan ini lintas daerah sehingga saya mengharapkan Pemprov Banten bisa melibatkan kabupaten/kota lainnya,” tekannya.

Arief menambahkan, pemecahan persoalan di Banten tidak bisa dilakukan secara parsial mengingat konekfitas wilayah baik itu dari sisi geografis maupun demografis. Untuk itu, dirinya menilai adanya kebutuhan terobosan baru yang bisa menjembatani pemangku kebijakan di beberapa wilayah tersebut.

Sementara itu, Gubernur Banten Rano Karno menyampaikan bahwa pihaknya saat ini memprioritaskan pembangunan infrastruktur terutama untuk wilayah Banten bagian selatan.

"Kita harus melihat Cina, karena kita semua tahu bagaimana pesatnya pembangunan di sana, dan itu semua dimulai dari pembangunan infrastruktur," terangnya.

Menurutnya, pembangunan di Banten selatan cukup tertinggal dibandingkan sejumlah kawasan di wilayah utara misalnya Tangerang Raya yang saat ini sudah lebih maju.

Namun demikian, pihaknya juga berjanji untuk membantu pemecahan berbagai persoalan yang ada di Tangerang Raya.

Editor: Gita Arwana Cakti

Berita Terkini Lainnya