Pemprov Banten Segera Bangun Taman Budaya

Oleh: Amanda Kusumawardhani 21 Februari 2016 | 17:28 WIB
Pemprov Banten Segera Bangun Taman Budaya
Gubernur Banten Rano Karno/Antara

Bisnis.com, SERANG - Pemerintah Provinsi Banten berencana untuk mengubah esk-Pendopo Gubernur Banten menjadi taman budaya.

“Kalau kawasan pendopo dapat dijadikan Taman Budaya akan lebih bagus. Taman budaya itu akan dilengkapi museum karena Banten adalah satu-satunya provinsi di Pulau Jawa yang tidak memiliki museum,” kata Gubernur Banten Rano Karno, dalam keterangan resminya, dikutip  Minggu (21/2/2016).

Untuk merealisasikan hal tersebut, Rano akan melakukan pemindahan instansi yang masih berkantor di kawasan eks-Pendopo Gubernur, antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dewan Riset Daerah (DRD) dan Marching Band Gita Surosowan.

“Hanya saja kami masih membutuhkan waktu, sabar saja sambil kita menunggu tempat baru untuk BPBD tersedia. Saya sudah menginstruksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banten,” katanya.

Ketua Umum DKB Chavchay Syaifullah mengungkapkan taman budaya itu akan menjadi wadah untuk menampung kreativitas seniman di Banten.

“Taman budaya tersebut nantinya akan menjadi wahana peningkatan kreativitas seni budaya masyarakat Banten,” ujar Chavchay didampingi anggota lainnya.

Selain itu, dirinya juga mengusulkan kebijakan DKB tiga tahun ke depan antara lain, Gedung Kesenian Banten, Anugerah Kesenian Banten, Perda Pelestarian Kebudayaan Daerah Banten, dan Institut Kesenian Banten.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer