Pemkot Tangsel Gandeng Batan dalam Pemanfaatan Tenaga Nuklir

Oleh: Amanda Kusumawardhani 11 Februari 2016 | 15:00 WIB
Pemkot Tangsel bekerjasama dengan Batan dalam hal pemanfaatan tenaga nuklir/ilustrasi-Antara

Bisnis.com, TANGSEL – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam hal pemanfaatan tenaga nuklir.

Kepala BATAN Djarot Sulistyo Wisnubroto mengatakan penandatangan kerja sama tersebut lebih banyak ditujukan dalam hal pemanfaatan nuklir di bidang kesehatan dan pertanian.

"Nuklir bisa digunakan untuk berbagai hal, misalnya mengobati penyakit atau pengembangan padi dengan varietas nuklir," katanya mengutip keterangan resmi, Kamis (11/2/2016).

Dirinya berpendapat perlu ada sosialisasi intensif kepada masyarakat mengenai nuklir. Pasalnya, sebagian besar masyarakat masih meyakini energi tersebur berbahaya bagi lingkungan.

Untuk itu, Djarot berharap kerjasama yang dilakukan antara BATAN dan Pemkot Tangsel bisa berkelanjutan.

“Kota/Kabupaten di Indonesia sudah bekerjasama dan memanfaatkan teknologi nuklir ini untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan kerjasama yang dilakukan ini mampu diimplementasikan pada kegiatan yang memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Saya berharap, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan Badan Lingkungan Hidup Daerah segera mengimplementasikan pemanfaatan tenaga nuklir ini," tuturnya.

Tak hanya itu, Dinas Pertanian juga diharapkan mampu mengembangkan padi yang dikembangkan dengan varietas nuklir sedangkan Dinas Koperasi dan UKM mampu menyiapkan kerjasama dalam bidang pengawetan makanan.

Editor: Gita Arwana Cakti

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer